Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Hamdalah, Meski Hujan Datang Setiap Sore, Tinggi Air Bendung Katulampa Bogor Normal

Minggu, 26 Maret 2023 – 20:20 WIB
Hamdalah, Meski Hujan Datang Setiap Sore, Tinggi Air Bendung Katulampa Bogor Normal - JPNN.COM
TMA Bendung Katulampa Kota Bogor, Jawa Barat siaga 4 banjir Jakarta pada Minggu, (26/3/2023) pukul 18.00 WIB. ANTARA/HO-Petugas Jaga Bendung Katulampa

jpnn.com, BOGOR - Tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat masih dalam keadaan normal.

Meski daerah sekitar bendung tersebut diguyur hujan deras setiap sore, tetapi sejauh ini tidak berpotensi menyumbang banjir di Jakarta.

Kepala Pengawas Bendung Katulampa Andi Sudirmanmelaporkan bahwa kondisi TMA cukup stabil dalam beberapa hari ini. Dia mengatakan wilayah Puncak, Kabupaten Bogor tidak diguyur hujan deras dengan waktu yang lama.

Cuaca di sana lebih cerah dari Kota Bogor beberapa hari ini yang terik di siang hari dan hujan deras setiap sore hari.

"Pemicu TMA adalah arus air dari hulu Sungai Ciliwung di Puncak Bogor, di sana enggak tinggi arusnya. Hujan deras di Kota Bogor tidak masuk ke TMA Bendung Katulampa," kata Andi di Kota Bogor, Minggu (26/3).

Dia menerangkan hingga Minggu (26/3) pukul 18.00 WIB, TMA hanya berada di Siaga 4 banjir Jakarta, Ketinggian tercatat di angka 40 cm, yang berarti kondisi arus cukup normal.

Kondisi TMA Bendung Katulampa disebut normal berkisar 20 cm sampai 80 cm. Kondisi mulai awas ketika mencapai siaga 3 di atas 80 cm hingga siaga 1 di atas 200 cm.

Menurut Andi, kenaikan TMA akan mulai meningkat setelah beberapa saat hujan mengguyur wilayah Puncak, Kabupaten Bogor. Dalam beberapa momen, katanya, debit air cukup cepat meningkat dalam waktu satu jam menjadi siaga 1 banjir Jakarta.

Tinggi muka air (TMA) Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, cukup stabil atau Siaga 4.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close