Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Berkuasa Sejak 2004, PM Singapura Lee Hsien Long Bakal Mengundurkan Diri Bulan Depan

Senin, 15 April 2024 – 23:58 WIB
Berkuasa Sejak 2004, PM Singapura Lee Hsien Long Bakal Mengundurkan Diri Bulan Depan - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana menerima kunjungan kehormatan PM SIngapura Lee Hsien Loong beserta istrinya, Ho Ching di Istana Merdeka Jakarta, Minggu (20/10). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, SINGAPURA - Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menyatakan pengunduran dirinya terhitung pada 15 Mei 2024 sehingga memberi waktu transisi selama satu bulan sebelum perdana menteri baru dilantik.

Berdasarkan pernyataan tertulis laman resmi Kantor Perdana Menteri Singapura dikutip dari Jakarta, Senin, Lee akan merekomendasikan Deputi Perdana Menteri Lawrence Wong untuk menjadi perdana menteri baru kepada Presiden Tharman Shanmugaratnam.

“Lee Hsien Loong akan secara formal mengusulkan ke Presiden supaya menunjuk Deputi Perdana Menteri sekaligus Menteri Keuangan Lawrence Wong untuk menggantikannya,” jelas pernyataan itu.

Wong, menurut kantor PM, mendapatkan dukungan penuh dari seluruh anggota Parlemen Singapura dari Partai Aksi Rakyat (PAP) yang membentuk pemerintahan Singapura saat ini.

PAP saat ini menguasai 79 dari 104 kursi Parlemen Singapura, sehingga siapapun yang mereka dukung menjadi perdana menteri sudah dijamin mendapat dukungan mayoritas di Parlemen.

Seluruh perdana menteri Singapura sejak kemerdekaan negara tersebut hingga saat ini adalah anggota PAP, dan Wong sendiri adalah wakil sekretaris jenderal partai itu.

Perdana Menteri yang baru akan dilantik oleh Presiden Shanmugaratnam pada 15 Mei 2024 di Istana Negara Singapura pukul 8 pagi waktu setempat, demikian pernyataan itu.

Meski demikian, pernyataan tersebut tidak menjelaskan alasan pengunduran diri Lee yang pada 2024 berusia 72 tahun dan memasuki tahun ke-20 menjabat sebagai perdana menteri.

Seluruh perdana menteri Singapura sejak kemerdekaan negara tersebut hingga saat ini adalah anggota PAP, dan Wong sendiri adalah wakil sekretaris jenderal partai

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Asia Oceania

    PM Singapura Akui Jasa Besar Presiden Jokowi Bagi Kawasan

    Senin, 29 April 2024 – 15:17 WIB
    PM Singapura Akui Jasa Besar Presiden Jokowi Bagi Kawasan - JPNN.com
  • Istana

    Menjelang Lengser, PM Singapura Temui Presiden Jokowi di Istana Bogor

    Senin, 29 April 2024 – 11:17 WIB
    Menjelang Lengser, PM Singapura Temui Presiden Jokowi di Istana Bogor - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Nilai 95

    Jumat, 19 April 2024 – 07:44 WIB
    Nilai 95 - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Nilai 70

    Kamis, 18 April 2024 – 06:53 WIB
    Nilai 70 - JPNN.com
X Close