Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bertemu Anies, Tito Singgung Keputusan Karantina Wilayah

Selasa, 17 Maret 2020 – 16:13 WIB
Bertemu Anies, Tito Singgung Keputusan Karantina Wilayah - JPNN.COM
Mendagri Tito Karnavian. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian berbicara tentang karantina wilayah ketika menjalin pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota, Jakarta, Selasa (17/3).

Kepada Anies, Tito menyebut pemerintah pusat ialah pihak yang berhak menetapkan karantina wilayah atau biasa disebut lockdown.

"Di sini saya sampaikan ke Pak Gubernur tentang karantina wilayah ini, karena menyangkut aspek ekonomi, maka selain UU nomor 6 tahun 2018, untuk pembatasan wilayah, karantina wilayah, itu adalah menjadi kewenangan pusat," kata Tito dalam keterangan resminya usai bertemu Anies di Balai Kota, Jakarta, Selasa.

Tito menerangkan, terdapat beberapa aspek ketika pemerintah berencana menetapkan karantina wilayah. Misalnya, pertimbangan efektivitas, tingkat epidemi, ekonomi, sosial, dan keamanan.

Pemerintah pusat, kata dia, ialah pihak yang bisa menilai terpenuhinya aspek tersebut sebelum memutuskan karantina wilayah.

Selain itu, lanjut dia, pemerintah pusat telah diamanatkan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah untuk menetapkan karantina wilayah.

"Sesuai dengan UU nomor 23 tahun 2014, menjadi urusan absolut yang merupakan kewenangan pemerintah pusat dalam hal ini Pak Presiden Joko Widodo," tutur dia.

Ke depan, kata Tito, pemerintah daerah perlu berkonsultasi dengan pemerintah pusat ketika ingin melakukan karantina wilayah. Setidaknya, pemerintah daerah perlu berkomunikasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19.

Pemerintah pusat, kata Tito, ialah pihak yang bisa menilai terpenuhinya aspek tersebut sebelum memutuskan karantina wilayah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close