Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BI Rate Jadi 8,75 Persen

Kamis, 08 Januari 2009 – 04:46 WIB
BI Rate Jadi 8,75 Persen - JPNN.COM
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kian berani melonggarkan kebijakan moneter setelah laju inflasi mulai jinak. Angka inflasi 2008 yang bisa diredam di level 11,06 persen dan deflasi 0,04 persen selama Desember membuat BI tak ragu memangkas suku bunga. Dalam rapat dewan gubernur (RDG) yang digelar Rabu (7/1), BI memangkas suku bunga acuan atau BI rate 50 basis poin (bps) menjadi 8,75 persen.

Otoritas moneter itu mulai menggeser stance kebijakan moneter menjadi lebih fokus menopang pertumbuhan ekonomi. ”Imbangan risiko pada 2009 menghendaki stance kebijakan moneter memberikan perhatian pada upaya mendukung pertumbuhan, dengan tetap mengawal inflasi dan kestabilan sektor keuangan dalam jangka menengah,” kata Gubernur BI Boediono setelah RDG di kantor BI, Jakarta, Rabu (7/1).

Boediono mengatakan, inflasi 2009 akan berada di kisaran 5 persen sampai 7 persen. Dengan inflasi yang makin melandai, ruang penurunan bunga kembali terbuka. ”Jika inflasi sampai 5 persen, ruangan itu (penurunan bunga) terbuka lebar,” kata mantan Menko Perekonomian itu.

Hampir semua indikator perekonomian tahun ini mengalami perlambatan pertumbuhan, khususnya ekspor dan investasi. Ini membuat bank sentral memberikan perhatian penuh untuk mencegah perlambatan ekonomi. Secara umum BI memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini berada di kisaran 4 persen hingga 5 persen.

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) kian berani melonggarkan kebijakan moneter setelah laju inflasi mulai jinak. Angka inflasi 2008 yang bisa diredam di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close