Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Billy Bakal Sampaikan Masalah Kenaikan UKT kepada Presiden Jokowi

Minggu, 26 Mei 2024 – 09:05 WIB
Billy Bakal Sampaikan Masalah Kenaikan UKT kepada Presiden Jokowi - JPNN.COM
Stafsus Presiden Bidang Inovasi dan Pendidikan Billy Mambrasar (kemeja biru kanan) mendengarkan aspirasi mahasiswa ITB terkait kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) saat memberikan kuliah umum di universitas tersebut, Sabtu (25/5). ANTAA/Dokumentasi Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar menampung aspirasi mahasiswa terkait kenaikan uang kuliah tunggal (UKT).

Masalah itu disampaikan perwakilan mahasiswa yang berorasi saat Billy mengisi kuliah umum di Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Jawa Barat, Sabtu (25/5).

Berdasarkan keterangan yang diterima di Jakarta, mahasiswa ITB menyampaikan aspirasi terkait kenaikan UKT yang dianggap terlalu memberatkan, saat Billy tengah mengisi kuliah umum tentang bonus demografi di ITB.

Aksi tersebut dipimpin oleh mantan Ketua Keluarga Mahasiswa (KM) ITB, yang disambut oleh seluruh partisipan yang ada.

Berapa tuntutan aspirasi yang disampaikan di antaranya adalah menolak kenaikan UKT yang dianggap terlalu memberatkan mahasiswa, mencabut Permendikbud No.2 Tahun 2024 dan Kepmen No.54 Tahun 2024, tentang UKT dan Besaran Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi (SSBOPT), serta keinginan untuk beraudiensi dengan Rektor ITB yang belum terpenuhi.

Selain mahasiswa ITB, hadir juga perwakilan mahasiswa dari kampus-kampus sekitar Bandung, di antaranya UIN, Unpas, dan beberapa kampus negeri dan kampus swasta lainnya.

Orasi aspirasi tersebut berlangsung kurang lebih selama 1 jam, yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi kecil di lapangan olahraga ITB.

Keluarga Mahasiswa ITB Yogi Syahputra mengatakan mahasiswa memanfaatkan momen tersebut karena terlalu sulit untuk bertemu dan beraudiensi dengan rektor ITB, untuk menyampaikan aspirasi soal kenaikan UKT.

Stafsus Presiden Billy Mambrasar bakal meneruskan aspirasi mahasiswa di ITB soal kenaikan UKT kepada Presiden Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close