Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BIMP-EAGA 2022 Siap Digelar, Kalbar akan Menawarkan Sejumlah Potensi Daerah

Kamis, 17 November 2022 – 15:50 WIB
BIMP-EAGA 2022 Siap Digelar, Kalbar akan Menawarkan Sejumlah Potensi Daerah - JPNN.COM
Sekda Kalbar Harisson (ANTARA/Sucia Lucinda)

jpnn.com - PONTIANAK —  Pertemuan Brunei Darussalam-Indonesia-Philippines East ASEAN Growth Area atau BIMP-EAGA 2022 di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar) sudah siap digelar.

Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat Harisson mengatakan bahwa persiapan BIMP-EAGA sudah hampir 100 persen, dan tinggal menunggu kedatangan delegasi negara peserta ke Kalbar.

"Terkait persiapan delegasi untuk hadir, mereka mendaftarnya melalui Kemenko dan kami hanya menerima laporan atau forward dari Kemenko, mereka yang akan menginformasikan. Ketika pendaftaran telah ditutup, kami baru tahu siapa saja yang akan hadir di BIMP-EAGA di Pontianak ini," kata Harisson di Pontianak, Kalbar, Kamis (17/11).

Dia menambahkan bahwa Pelabuhan Kijing Mempawah merupakan salah satu sasaran yang akan dijadikan investasi oleh para delegasi pertemuan BIMP-EAGA 2022. Harisson berharap investor dari negara-negara yang mengikuti BIMP-EAGA 2022, dapat mengembangkan Pelabuhan Kijing.

“Pelabuhan Kijing itu sudah beroperasi dan Pelindo sudah menyiapkan 130 hektare lahan untuk menunjang (Pelabuhan) Kijing. Itu akan menjadi sasaran kami untuk delegasi nanti,’ katanya.

Lebih lanjut Harisson menyampaikan bahwa pada BIMP-EAGA nanti, Kalbar juga akan memasarkan produk-produk ekonomi kreatif dan usaha mikro kecil menengah (UMKM), serta potensi-potensi yang ada di Bumi Khatulistiwa.

"Ini merupakan suatu kesempatan untuk memasarkan potensi daerah yang kita miliki, salah satunya Pantai Temajuk. Selain itu, produk-produk UMKM dan hasil hutan nonkayu,"  kata Harisson.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar Prabasa Anantatur mengatakan bahwa anggota dan pimpinan DPRD, mendukung sepenuhnya kegiatan yang berefek pada peningkatan ekonomi provinsi itu.

Kalbar akan menawarkan sejumlah potensi daerah kepada para investor saat pertemuan BIMP-EAGA 2022 di Kota Pontianak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close