Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bobby Nasution dan Kahiyang binti Jokowi Siap-siap Saja, KPK Buka Peluang Ambil Tindakan

Selasa, 06 Agustus 2024 – 13:17 WIB
Bobby Nasution dan Kahiyang binti Jokowi Siap-siap Saja, KPK Buka Peluang Ambil Tindakan - JPNN.COM
Wali Kota Medan Bobby Nasution didampingi istri Kahiyang Ayu di Medan Helvetia, Sabtu (19/11). Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Medan

jpnn.com, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan siap untuk memanggil Wali Kota Medan Bobby Nasution dan istrinya yang merupakan anak Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kahiyang Ayu.

KPK menyatakan pemanggilan itu tergantung kebutuhan persidangan dan apabila hakim membutuhkan keterangan mereka untuk mengusut kasus dugaan korupsi mantan Gubernur Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba (AGK).

Selain, KPK juga bisa saja mengembangkan kasus tersebut dengan memanggil pasangan suami istri itu.

Juru Bicara KPK Tessa Mahardhika mengatakan pihaknya membuka peluang memanggil Bobby-Kahiyang apabila keterangannya dibutuhkan. Namun, Tessa menyerahkan hal itu kepada jaksa lembaga antirasuah yang menangani perkara Abdul Gani Kasuba.

"Apabila keterangan saksi yang dimaksud itu betul-betul dibutuhkan dalam rangka memperkuat keyakinan hakim memutus perkara, tentunya dapat dilakukan pemanggilan sebagaimana sudah ada yurisprudensinya, ya," kata Tessa di Gedung KPK, Jakarta, Senin (5/8).

Tessa mengatakan fakta-fakta persidangan dalam perkara Abdul Gani berpotensi dikembangkan jika surat perintah penyidikan masih berjalan.

Dia mengatakan jaksa bisa memberi laporan kepada penyidik untuk menelusuri kaitan antara Abdul Gani dengan Bobby-Kahiyang.

"Apabila memang ada keterangan yang tidak terkait langsung, keterangan tersebut dapat dibuat dalam bentuk laporan pengembangan penuntutan untuk diserahkan kepada pimpinan dan diputuskan kemudian, dianalisis dalam hasil ekspose," tuturnya.

KPK bisa saja mengembangkan kasus tersebut dengan memanggil Bobby Nasution-Kahiyang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA