Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BPIP dan Negeri Serumpun Sebalai Deklarasikan Pembentukan Jejaring Panca Mandala

Kamis, 16 Maret 2023 – 17:03 WIB
BPIP dan Negeri Serumpun Sebalai Deklarasikan Pembentukan Jejaring Panca Mandala - JPNN.COM
Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi (tengah) hadir di acara deklarasi pembentukan Jejaring Panca Mandala di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (16/3). Foto: Dokumentasi Humas BPIP

jpnn.com, BANGKA BELITUNG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung mendeklarasikan pembentukan Jejaring Panca Mandala (JPM), Kamis (16/3).

JPM merupakan bagian dari ikhtiar BPIP melibatkan pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam pembinaan ideologi Pancasila secara sinergis, efektif, efisien, dan berdampak luas.

BPIP dan Negeri Serumpun Sebalai Deklarasikan Pembentukan Jejaring Panca Mandala

Acara deklarasi pembentukan Jejaring Panca Mandala di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Foto: Dokumentasi Humas BPIP

Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi menjelaskan pengertian kalimat Panca Mandala dalam JPM.

"Panca melambangkan kelima sila. Mandala adalah konsep geometris yang ada dalam berbagai tradisi spiritual dunia yang mrepresentasikan kosmos secara simbolik, sebagai simbol yang menyiratkan makna keutuhan," kata Prof Yudian Wahyudi saat menyampaikan arahan.

BPIP dan Negeri Serumpun Sebalai Deklarasikan Pembentukan Jejaring Panca Mandala

Dalam kesempatan itu, juga berlangsung penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BPIP, Pemprov bersama Pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Prof Yudian juga sempat mengulas makna 'Negeri Serumpun Sebalai' sebagai julukan maupun semboyan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

BPIP dan Negeri Serumpun Sebalai mendeklarasikan pembentukan Jejaring Panca Mandala di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, simak pernyataan Prof Yudian Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close