Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BSN: Pilih Pelumas Berlabel SNI, Dijamin Aman Berkualitas 

Rabu, 24 Mei 2023 – 23:31 WIB
BSN: Pilih Pelumas Berlabel SNI, Dijamin Aman Berkualitas  - JPNN.COM
Manager Quality Assurance PT Pertamina Lubricants, Nurudin dan Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kerja Sama, dan Layanan Informasi BSN Zul Amri. Foto Humas BSN 

jpnn.com, JAKARTA - Produk aman dan berkualitas bisa dilihat dari tanda Standar Nasional Indonesia (SNI). Ini merupakan langkah praktis dan cepat karena konsumen mungkin sulit untuk menguji atau memastikan produk yang dibelinya berkualitas atau aman.

Manager Quality Assurance PT Pertamina Lubricants Nurudin mengatakan seringkali konsumen tak memiliki waktu untuk membaca informasi detail mengenai suatu produk. Bisa juga memang karena budaya konsumen yang lebih berorientasi pada harga terjangkau atau ekonomis ketimbang jaminan kualitas.

“Contohnya, produk oli untuk kendaraan bermotor. Ternyata, masih saja ditemukan di pasar oli palsu, sedangkan konsumen juga belum memiliki informasi yang cukup untuk memutuskan oli seperti apa yang harus dibelinya,” tutur Nurudin di Jakarta, Rabu (24/5).

Dia melanjutkan secara kasat mata, keaslian produk pelumas Pertamina dapat dilihat dari kemasan botol dengan teknologi triple layer; nomor batch; hologram original; QR Code di stiker label, serta penandaan SNI.

Pertamina selalu berupaya mencegah pemalsuan pelumas dengan penerapkan berbagai sistem di mana konsumen bisa mengecek sendiri. Pertama, mulai dari tampilan botol triple layer dapat dilihat saat tutup botol dibuka, tampilan warna botol bagian dalam berbeda dengan warna bagian luar.

"Kedua, nomor batch, terdapat 8 digit nomor di bagian tutup botol dan body botol yang harus dengan posisi lurus, tegak dan sejajar," jelas Nurudin.

Ketiga, hologram original, ada tulisan yang halus dibaca dengan kemiringan 45 derajat /-5 derajat. Terakhir, QR Code di stiker label, nomor QR Code terdiri dari 9 karakter (huruf dan angka).

"Setiap botol pasti memiliki nomor QR Code yang berbeda bila ada nomor QR Code yang sama di dua botol, berarti palsu.” tambahnya.

BSN mengajak masyarakat untuk memilih pelumas berlabel SNI karena dijamin aman dan berkualitas. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close