Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bu Retno: Uji Coba PTM Terbatas Seharusnya Juli 2021

Jumat, 02 April 2021 – 20:12 WIB
Bu Retno: Uji Coba PTM Terbatas Seharusnya Juli 2021 - JPNN.COM
Komisioner KPAI Retno Listyarti bicara soal Pembelajaran Tatap Muka alias PTM. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia Indonesia (KPAI) bidang pendidikan Retno Listyarti mengungkapkan kekhawatirannya akan relaksasi SKB 4 Menteri yang dilakukan untuk ketiga kalinya pada Selasa, 30 Maret 2021.

Menurut dia, kebijakan tersebut akan berisiko tinggi terjadi klaster baru di satuan pendidikan bila pembelajaran tatap muka (PTM) dilakukan tanpa penyiapan memadai. Mulai infrastruktur  dan protokol kesehatan/SOP adaptasi kebiasaan baru (AKB) di lingkungan satuan pendidikan. 

Selain itu, pihak sekolah juga harus sudah melakukan sosialisasi protokol jesehatan/SOP ke pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan orang tua peserta didik.

KPAI berpandangan seharusnya April-Juni adalah waktunya melakukan penyiapan, bukan uji coba pembelajaran tatap muka (PTM) secara terbatas. 

"Uji coba PTM terbatas seharusnya dilakukan pada Juli 2021,” ujar Retno Listyarti di Jakarta, Jumat (2/4).

Retno menambahkan, seluruh penyiapan  infrastruktur dan protokol kesehatan/SOP AKB di satuan pendidikan harus dilakukan terlebih dahulu, bukan berjalan secara paralel.

Karena wajib melakukan perlindungan berlapis untuk keselamatan anak-anak saat sekolah tatap muka.

Dia menyebutkan, negara-negara yang melakukan sekolah tatap muka di masa pandemi melakukan penyiapan dengan sungguh-sungguh dan memiliki mitigasi risiko yang baik, sehingga bisa mencegah sekolah menjadi klaster baru.  

Menurut Bu Retno, seharusnya April-Juni waktunya melakukan penyiapan, bukan uji coba pembelajaran tatap muka atau PTM secara terbatas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close