Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fahira Sebut PTM Terus Membayangi Indonesia dari Dulu Hingga Kini

Sabtu, 14 November 2020 – 17:06 WIB
Fahira Sebut PTM Terus Membayangi Indonesia dari Dulu Hingga Kini - JPNN.COM
Anggota DPD dari DKI Jakarta Fahira Idris. Foto: JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD RI Fahira Idris mengatakan negara-negara yang sudah mempunyai sistem kesehatan yang mantap akan cenderung lebih cepat mengendalikan ketika ada tantangan kesehatan.

Oleh karena itu, Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang berlangsung di tengah pandemi ini harus menjadi pelajaran berharga bagi kita bahwa sektor kesehatan jadi tantangan utama Indonesia saat ini dan ke depan. Oleh karena itu, harus segera dibenahi secara menyeluruh.

Menurut Fahira, selain penyakit zoonotik yang dalam beberapa tahun terakhir muncul menjadi masalah kesehatan masyarakat dan berpotensi menimbulkan pandemik.

“Salah satu persoalan kesehatan yang masih terus membayangi Indonesia sejak dulu hingga kini adalah penyakit tidak menular (PTM) yang cenderung terus meningkat terutama hipertensi, jantung koroner, diabetes mellitus, kanker, gangguan mental emosional, dan trauma,” kata Fahira, Sabtu (14/11/2020).

Menurutnya, PTM yang merupakan penyakit katastropik bukan hanya menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia tetapi juga berpotensi mengancam hilangnya hari produktif bagi mereka yang terkena.

Tidak hanya itu, PTM yang makin meningkat akan menyerap biaya terbesar dalam Jaminan Kesehatan Nasional.

“Artinya promotif preventif harus benar-benar menjadi tumpuan dalam program kesehatan nasional,” katanya.

PTM ini menjadi ancaman serius karena juga menyasar kelompok usia produktif yang menjadi tumpuan ekonomi bangsa ini. Oleh karena itu, segala upaya harus dikerahkan agar angka PTM kita makin kecil.

Selain itu, kita juga masih punya PR lain di bidang kesehatan mulai dari penurunan angka stunting, Angka Kematian Ibu dan Bayi, perbaikan pengelolaan Sistem JKN dan penguatan pelayanan kesehatan.

Pada bagian lain, pandemi Covid-19 tidak hanya menyebabkan krisis kesehatan tetapi melahirkan berbagai ancaman krisis multidimensi menjadi pelajaran penting bagi sebuah bangsa. Termasuk Indonesia bahwa sistem kesehatan publik yang mantap adalah sebuah keniscayaan yang harus segera diwujudkan.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang berlangsung di tengah pandemi ini harus menjadi pelajaran berharga bagi kita bahwa sektor kesehatan jadi tantangan utama Indonesia saat ini dan ke depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close