Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bu Susi Pudjiastuti Ditantang Debat Terbuka soal Benih Lobster

Jumat, 14 Februari 2020 – 23:13 WIB
Bu Susi Pudjiastuti Ditantang Debat Terbuka soal Benih Lobster - JPNN.COM
Susi Pudjiastuti. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ditantang adu debat terbuka tentang benih lobster, oleh Ketua Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP2 KKP) Effendi Gazali. Debat terbuka itu akan diselenggarakan pada Rabu (19/2).

Tantangan itu disampaikan Effendi Gazali, melalui unggahan di akun Twitter miliknya, @effendigazali. "Begini Bu, sesuai peradaban ilmiah: kami undang ibu Silaturahmi & Diskusi Ilmiah "Lobster: Apa Adanya". Usul kami Rabu, 19 Feb di Aula KKP (rumah Ibu juga kan?). Para ahli dan jurnalis mohon semua yang berkenan hadir. Semoga berkenan, jadwal bisa kami cocokkan, terima kasih," tulis rms," tulis Effendi yang juga me-mention akun Susi.

Ada 17 cuitan pria yang karib disapa EG itu membalas tudingan Susi soal mendukung ekspor benih lobster. EG menantang Susi untuk membuktikan tuduhan tersebut. Menurut EG, yang dia sampaikan justru perlunya menjaga keberlanjutan dengan lebih dulu dilakukan penetasan laboratorium atau MoU dengan hatchery bila ingin membuka kran ekspor benih lobster.

Mengenai jumlah telur lobster di perairan Indonesia sebanyak 29,6 miliar, EG mengaku mendapat data dari badan riset KKP. Dengan besarnya jumlah tersebut, dia optimistis lobster tidak akan punah. Bahkan EG turut menjelaskan makna punah dalam kultwitnya.

"Salah satu tugas akademisi melawan kedzoliman fakta+ framing jasa + kontrak media. Km tdk menuding siapapun dan justru smg kt semua terhindar dr hal2 sprti itu, Amin YRA. Kami tunggu ya Bu, jadwal kita bisa cocokkan lagi," lanjut EG.

Sebelumnya, unggahan Susi Pudjiastuti dinilai terkesan menunding EG mendukung ekspor benih lobster. Bahkan, dia juga menyinggung gelar doktor dan guru besar yang disandang EG.

"Keilmuan tinggi seorang guru besar, Doctor, dalam menjustifikasi/memperlihatkan/ meninggikan/ membenarkan ignorances untuk pembenaran ekspor bibit benih lobster. Saya tidak berilmu dan saya berduka. Mari simak video ini," ciut akun Twitter Susi Pudjiastuti Senin (11/2) lalu.

Video unggahan Susi memperlihatkan EG tengah menjelaskan data jumlah lobster dan menyatakan lobster tidak akan punah.

Ketua Komisi PemangkuKepentingan dan Konsultasi Publik KKP Effendi Gazali menantang Susi Pudjiastuti debat terbuka terkait benih lobster di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close