Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fakhry Ali: Indonesia Rugi jika Tidak Ekspor Benih Lobster

Senin, 30 Desember 2019 – 06:40 WIB
Fakhry Ali: Indonesia Rugi jika Tidak Ekspor Benih Lobster - JPNN.COM
Penyelundupan benih lobster ilegal yang berhasil digagalkan. Foto dok KKP

jpnn.com, JAKARTA - Rencana pemerintah untuk membuka kembali keran eskpor benih lobster menjadi polemik.

Menurut pengamat ekonomi-politik Fakhry Ali, Indonesia merugi apabila menghentikan ekspor benih lobster ke luar negeri.

"Sebenarnya rugi, begitu. Pandangan saya, sekarang ini setiap usaha yang kita bisa peroleh devisa, itu harus kita lakukan," ujar Fakhry Ali usai menghadiri diskusi Outlook Indonesia Ekonomi-Politik Indonesia 2020 di Jalan Imam Bonjol No. 16 Jakarta, Minggu (29/12).

Menurut Fakhry Ali, Indonesia harus mengoptimalkan apa saja yang bisa diekspor ke luar negeri, termasuk mengekspor benih lobster.

Apalagi, melihat perkembangan ekonomi global di dunia sampai akhir tahun 2019 yang belum tampak akan menjadi lebih cerah (brighter).

Menurut dia, pengecualian terjadi apabila Presiden Amerika Serikat Donald Trump tiba-tiba kalah dalam Pemilihan Presiden AS mendatang.

"Pada akhir tahun 2019, kita tidak melihat perekonomian global itu akan brighter, akan lebih bercahaya begitu. Setidak-tidaknya kita tidak tahu kalau misalnya Trump tiba-tiba kalah, mungkin akan berbeda," ujar dia.

Fakhry Ali mengatakan, Indonesia akan sulit meningkatkan pertumbuhan ekonomi ke depan yang lebih baik dari 5,3 persen apabila tidak mendorong ekspor karena berada di masa stagnan dan inflasi (stagflasi) dunia seperti saat ini.

Menurut pengamat ekonomi politik Fakhry Ali, seharusnya Indonesia melakukan ekspor benih lobster demi mendapatkan devisa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close