Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Buku Antasari Menambah Daftar Pertanyaan Publik

Kamis, 22 September 2011 – 22:33 WIB
Buku Antasari Menambah Daftar Pertanyaan Publik - JPNN.COM
JAKARTA - Para penyelenggara negara dinilai telah mengingkari amanah konstitusi untuk mencerdaskan bangsa. Sebab, yang terjadi setiap hari justru para pejabat membodohi rakyat.

"Contohnya adalah seorang Ketua KPK bisa dipenjara melalui proses hukum yang sesat. "Indonesia telah berubah menjadi negara hukum sesat,” ujar praktisi hukum Johnson Panjaitan, pada diskusi dan bedah buku berjudul “Testimoni Antasari Azhar untuk Hukum dan Keadilan” karya Antasari di Rumah Perubahan Jakarta, Kamis (22/9). Selain Johnson, diskusi juga dihadiri Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan dan mantan Koordinator KontraS, Usman Hamid.

Menurut Johnson, yang terjadi di Indonesia sekarang bukan lagi peradilan sesat seperti yang selama ini disebut sebagian kalangan. “Mafia hukum memang sudah terjadi sejak dulu. Pada zaman Soeharto, para mafia hukumnya masih TK (taman kanak-kanak). Tapi sekarang, para mafia hukum sudah PhD. Sekarang malah banyak monster hukum. Dulu, yang ada makelar kasus. Sekarang, makelar peti es kasus,” paparnya.

Dalam budaya mafia, lanjutnya, ada kekompakan dalam melindungi satu dan lainnya. Sebab para mafia menyadari jika kejahatan satu orang terbongkar, maka sangat mungkin akan membongkar seluruh kelompok. Untuk itulah, setiap ada upaya membongkar kejahatan para mafia, yang terjadi adalah serangan balik.

JAKARTA - Para penyelenggara negara dinilai telah mengingkari amanah konstitusi untuk mencerdaskan bangsa. Sebab, yang terjadi setiap hari justru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA