Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bung Karno Penggali Pancasila, Tak Mungkin PDIP Mau Ganti Ideologi Negara

Jumat, 26 Juni 2020 – 19:13 WIB
Bung Karno Penggali Pancasila, Tak Mungkin PDIP Mau Ganti Ideologi Negara - JPNN.COM
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto dok jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi menilai PDI Perjuangan tak akan mungkin mengganti ideologi negara melalui Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila.

Ari mengatakan, Bung Karno merupakan penggali Pancasila, sementara PDIP kini dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri yang notabene putri Proklamator RI tersebut.

"Saya hakulyakin PDIP tidak akan mungkin mengubah Pancasila lewat RUU HIP. Bagaimana mungkin itu bisa terjadi, ayah ketua umum PDIP adalah penggali Pancasila,"  ujar Ari kepada jpnn.com, Jumat (26/6).

Pembimbing program doktoral di Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung itu menambahkan, PDIP lebih Pancasilais dibanding partai lain. Pendapat Ari itu didasari pada pengamatan dan penelitiannya selama menjadi akademisi di berbagai perguruan tinggi.

"Justru menurut pengalaman dan keyakinan saya, PDIP adalah partai yang paling Pancasilais dibanding partai-partai yang lain," ulasnya.

Mantan wartawan itu pun mengingatkan pihak-pihak yang menyudutkan PDIP membaca dan mempelajari anggaran dasar partai pemenang Pemilu 2004 dan 2019 itu.

"Sebaiknya pedemo harus lebih pintar dan mau membaca anggaran partai dulu sebelum mencelanya,” pungkas Ari.(gir/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi menyatakan, Bung Karno merupakan penggali Pancasila, sementara PDIP kini dipimpin oleh Megawati Soekarnoputri yang notabene putri Proklamator RI tersebut.

Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close