Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bupati Ruksamin Menaikkan Gaji Aparat Desa di Konawe Utara

Sabtu, 07 Oktober 2023 – 11:45 WIB
Bupati Ruksamin Menaikkan Gaji Aparat Desa di Konawe Utara - JPNN.COM
Bupati Konawe Utara Ruksamin membuka Bimtek Peningkatan Kapasitas Kinerja Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudeu. (ANTARA/HO-Pemkab Konawe Utara)

jpnn.com - KENDARI - Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Ruksamin menaikkan gaji aparat desa. Hal ini sebagai upaya mewujudkan peningkatan kesejahteraan aparat desa di daerah itu. Berdasar keterangan tertulis Pemerintah Kabupaten Konawe Utara yang diterima di Kendari, Sabtu (7/10), gaji aparat desa yang semula Rp 800 ribu per bulan dinaikkan menjadi Rp 1.250.000.

Selain itu, Ruksamin juga mengarahkan kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe Utara agar menganggarkan pengadaan pakaian seragam dan laptop pada 2024 untuk menunjang kinerja aparat desa. Hal ini merupakan bentuk dukungan Pemkab Konawe Utara kepada pemerintah desa.

Ruksamin dalam Bimtek Peningkatan Kapasitas Kinerja Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Keuangan Desa Berbasis Aplikasi Siskeudeu itu, mengatakan fasilitas yang diberikan tersebut harus dipergunakan sebagaimana mestinya, sehingga kinerja aparat desa lancar.

Menurut dia, bila bimtek diselenggarakan, tetapi tidak ada fasilitas yang diberikan maka akan menjadi sia-sia ilmu yang didapat dalam kegiatan ini. Dia berharap, kegiatan ini dapat menciptakan pemerintahan desa yang bersih, transparan, dan akuntabel.

"Ini adalah langkah konkret dalam mendukung visi Kabupaten Konawe Utara menjadi lebih sejahtera dan berdaya saing melalui pemerintahan desa yang berkualitas," ungkapnya.

Dia menambahkan pengetahuan dan kapasitas mereka perlu terus ditingkatkan melalui pelatihan seperti ini, untuk menjaga keuangan desa dapat kian kuat dan tata kelola keuangan desa menjadi lebih baik.

Bimtek yang diselenggarakan DPMD Kabupaten Konawe Utara bekerja sama dengan PT Putri Dewani Mandiri diikuti 159 peserta, berlangsung selama 6-8 Oktober 2023.

Ketua penyelenggara kegiatan, Andi Mafia, mengatakan program tersebut untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan para bendahara desa dalam melaksanakan tugas dan fungsi mereka terkait dengan pengelolaan keuangan desa.

Bupati Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, Ruksamin menaikkan gaji aparat desa. Semoga kinerja aparat desa lancar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close