Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bus Sekolah Sepi Peminat

Kamis, 22 Agustus 2019 – 21:11 WIB
Bus Sekolah Sepi Peminat - JPNN.COM
Bus sekolah jurusan Cibiru-Asia Afrika saat melintas di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung. Foto: Istimewa

jpnn.com, BANDUNG - Kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 bukan hanya menimbulkan beragam persoalan ihwal dunia pendidikan.

Di Kota Bandung, Jawa Barat, kebijakan itu berpengaruh terhadap program bus sekolah. Minat siswa menggunakan moda transportasi massal terus menurun lantaran lokasi sekolah berdekatan dengan domisili.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Ricky Gustiadi mengatakan, dari 24 unit bus sekolah, hanya 13 unit yang masih aktif. Padahal, rencana awal program tersebut untuk mengurai kemacetan.

“Memang ada penurunan minat penggunaan bus sekolah, karena sekarang orang-orang sekolah di lokasi yang berdekatan dengan domisili. Mereka ada yang naik kendaraan pribadi juga,” ujar Ricky, Rabu (21/8).

BACA JUGA: Bus Sekolah Bikin Keberadaan Angkot Tersingkir

Ricky mengungkapkan, akibat sepinya siswa menggunakan bus sekolah, pihaknya berencana untuk mengalihoperasikan menjadi angkutan umum ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.

“Ada rencana untuk mengalihkan bidang usaha menjadi angkutan umum ke BIJB Kertajati, namun semuanya masih dalam pembahasan,” tuturnya.

BACA JUGA: Kurangi Beban Kemacetan, Tambah 2 Bus Sekolah

Dari 24 unit bus sekolah yang disediakan Pemerintah Kota Bandung, hanya 13 unit yang masih aktif.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close