Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Busway Makin Pintar dengan Dana Puluhan Miliar

Rabu, 24 Agustus 2011 – 01:10 WIB
Busway Makin Pintar dengan Dana Puluhan Miliar - JPNN.COM
OPERATOR Transjakarta terus melakukan pembenahan. Untuk mendongkrak layanannya, armada kebanggaan warga Ibu Kota ini dilengkapi dengan peralatan intelligent transport system (ITS). Teknologi ini dapat memantau dan mengatur perjalanan busway (bus tracking system).

Selain itu, persimpangan di Jakarta juga akan dilengkapi area traffic control system (ATCS) yang dapat mengontrol kepadatan lalu lintas di sekitar persimpangan.

Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, menjelaskan sistem yang dikembangkan ini tidak hanya sebagai pusat pengawasan saja. “Tetapi juga melakukan langkah antisipatif dan reaktif terhadap kondisi lalu lintas di lapangan,” kata Fauzi, Selasa (23/8).

Dijelaskan Fauzi, sistem ini akan mengintegrasikan pengguna jalan, sistem transportasi, dan kendaraan melalui teknologi dan komunikasi. ITS secara otomatis akan memberikan suatu tindakan tertentu dalam mengatasi kondisi lalu lintas. Termasuk menerima perintah secara manual dari operator di Gedung Dinas Teknis Jalan Abdul Muis, Jakarta Pusat, untuk mengatasi hal mendesak, penting, dan insiden di lapangan.

Pemprov mengeluarkan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk membuat sistem canggih dalam bidang transportasi tersebut. Namun untuk tahap awal baru menggunakan anggaran sebesar Rp 6 miliar. Sistem ini akan memberikan informasi pilihan perjalanan, kinerja operasi jaringan jalan, keselamatan transportasi, dan produktivitas transportasi.

OPERATOR Transjakarta terus melakukan pembenahan. Untuk mendongkrak layanannya, armada kebanggaan warga Ibu Kota ini dilengkapi dengan peralatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close