Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Butuh 1,2 Juta Guru ASN, Kuota PPPK yang Terisi Ternyata Baru Sebegini

Sabtu, 02 Juli 2022 – 08:43 WIB
Butuh 1,2 Juta Guru ASN, Kuota PPPK yang Terisi Ternyata Baru Sebegini - JPNN.COM
Pengurus Forum Guru Bersertifikasi Sekolah negeri (FGBSN) Nasional saat beraudiensi dengan pejabat Kemendikbudristek beberapa waktu lalu. Foto dokumentasi FGBSN Nasional for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rencana pemerintah menyelesaikan tenaga honorer yang sudah bekerja di instansi pemerintah melalui seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) masih menyisakan beragam permasalahan. 

Menurut Ketua Forum Guru Bersertifikasi Sekolah Negeri (FGBSN) Nasional Rizki Safari Rakhmat, kondisi saat ini banyak jabatan aparatur sipil negara (ASN) yang diisi tenaga honorer.

Sebab, situasi saat rekrutmen ASN yang tidak seimbang dengan kebutuhan pegawai di instansi pemerintah sebagai pelayan publik khususnya dalam bidang pendidikan.

Rizki membeberkan, tahun 2021 hanya 293.860 guru yang lulus PPPK tahap 1 dan 2 atau baru mencapai 30 persen dari jumlah kebutuhan yang mencapai 1,19 juta guru.

Tersisa sebanyak 193.954 guru yang lulus passing grade (PG), tetapi belum mendapatkan formasi. Juga 437.823 guru yang belum lulus PG. 

"Artinya, masih banyak sekali yang belum menjadi PPPK," ujar Rizki kepada JPNN.com, Sabtu (2/7).

Lebih lanjut, dia mengatakan permasalahan yang terjadi ketika jumlah usulan formasi dari Pemda tidak sesuai dengan kebutuhan atau pelamar yang ada. Kondisi makin runyam karena ada Pemda yang tidak sama sekali membuka lowongan PPPK guru.

Di satu sisi, kata Rizki, secara kebutuhan nasional diperlukan pengangkatan massal sebagai PPPK agar bisa menutupi kekurangan ASN yang saat ini terjadi. 

Kebutuhan akan guru ASN mencapai 1,2 juta, yang baru teriisi 30 persen kuota PPPK, sehingga butuh rekrutmen massal

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close