Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cara-Cara Menyenangkan Mengusir Pilek dan Batuk

Kamis, 06 Februari 2014 – 20:20 WIB
Cara-Cara Menyenangkan Mengusir Pilek dan Batuk - JPNN.COM

jpnn.com - SAAT musim hujan seperti sekarang ini, batuk dan pilek biasanya datang menyerang. Untuk mengatasi dua gangguan kesehatan itu, ada hal yang bisa dilakukan selain minum obat.

Bahkan, ada hal menyenangkan untuk mengusir batuk dan pilek. Apa saja itu?

1. Pijat

Dipijat oleh orang lain atau hanya memanfaatkan kepalan otot anda bisa membantu mengurangi hormon stres atau yang disebut juga kortisol serta meningkatkan respons imun. Studi Cedars-Sinai tahun 2012 menunjukkan, orang dewasa sehat yang rutin dipijat ala Swedia selama lima minggu memiliki peningkatan limfosit yang berguna untuk melawan penyakit.

2. Menonton film lucu

Tertawa bisa memicu pertumbuhan sel-sel pelindung tubuh, terutama sel-sel darah putih yang disebut sel T serta sistem kekebalan tubuh. Tertawa dikenal bisa menurunkan tingkat stres sehingga sistem kekebalan tubuh pun terpengaruh. Meski demikian, review di Complementary Medicine menyebut hubungan kegembiraan dengan kekebalan terkadang masih bersifat tentatif.

3. Berpikir positif

Dengan tetap bersyukur dan berusaha mengambil hikmah dari apa yang anda alami, bisa memicu koneksi antara kekebalan dan kesenangan. "Terutama dalam situasi stres jangka pendek, menjaga tubuh tetap optimis dan positif sangatlah membantu," kata psikolog Carl Charnetski seperti dilansir laman MSN, Rabu (5/2).

SAAT musim hujan seperti sekarang ini, batuk dan pilek biasanya datang menyerang. Untuk mengatasi dua gangguan kesehatan itu, ada hal yang bisa dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA