Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Cara Mudah dan Cepat Mengurus Pajak dengan Menggunakan E-Billing, Catat!

Rabu, 20 Juli 2022 – 09:00 WIB
Cara Mudah dan Cepat Mengurus Pajak dengan Menggunakan E-Billing, Catat! - JPNN.COM
Para wajib pajak bisa menggunakan aplikasi lapor pajak online agar pelaporan lebih efektif dan efisien. Foto: tangkapan layar Klikpajak

jpnn.com, JAKARTA - E-billing pajak merupakan salah satu pelayanan pajak secara online sebagai bentuk kemajuan teknologi. Sistem digital pajak ini dihadirkan Direktorat Jenderal Wajib Pajak sebagai fasilitas untuk memudahkan masyarakat dalam membayarkan tanggung jawabnya khususnya wajib pajak.

Dengan menggunakan e-billing pajak, wajib pajak tidak perlu lagi membayarkan pajak secara manual dengan media Surat Setoran Pajak (SSP) ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP). Kemudahan ini tentunya membuat proses pembayaran pajak menjadi lebih mudah dan praktis, sehingga sangat tepat bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu.

Nah, bagi Anda yang masih belum mengetahui apa itu e-billing pajak, apa saja manfaat yang diperoleh jika menggunakan sistem ini, dan bagaimana cara membayar pajak menggunakan e-billing pajak, simak ulasan berikut untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap.

Apa Itu E-billing Pajak?

E-billing pajak merupakan sebuah sistem pembayaran pajak yang dilakukan secara online dengan menggunakan kode billing atau ID billing. Sistem digital ini dihadirkan oleh Dirjen Wajib Pajak sehingga kode billingnya pun dapat dibuat dengan mengakses website resmi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) pada laman www.pajak.go.id.

Sistem bayar pajak online ini sudah dijalankan sejak 2013. Sebelumnya, proses pembayaran pajak pertama dilakukan dengan pembayaran langsung di Kantor Kas Negara. Kemudian, pembayaran dipermudah di ke kantor pos atau bank dan mengisi secara manual surat setoran pajak dan membayarnya di tempat.

Sejak 2013, pembayaran pajak dapat dilakukan tanpa perlu tatap muka yaitu dengan ATM namun hanya pada bank-bank tertentu dan jenis pajak yang dapat dibayarkan terbatas.

Karena itu, pemerintah dalam hal ini DJP mulai memanfaatkan teknologi informasi dengan membuat aplikasi e-billing pajak yang bernama Surat Setoran Elektronik (SSE) versi 1 hingga sekarang mencapai versi 3.

Para wajib pajak kini dimudahkan dengan aplikasi e-billing untuk mengurus pajak agar lebih cepat dan mudah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close