Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Catat, Tanggal Inilah Puncak Arus Mudik, Tolong Dihindari

Senin, 25 Maret 2024 – 15:37 WIB
Catat, Tanggal Inilah Puncak Arus Mudik, Tolong Dihindari - JPNN.COM
Pemerintah mengimbau masyarakat untuk menghindari momen puncak arus mudik dan balik Idulfitri 1445 Hijriah/2024 Masehi dengan melakukan perjalanan lebih awal atau di akhir waktu. Ilustrasi Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah mengimbau masyarakat untuk menghindari momen puncak arus mudik dan balik Idulfitri 1445 Hijriah/2024 Masehi dengan melakukan perjalanan lebih awal atau di akhir waktu.

“Kami imbau sebagian anak-anak yang sudah libur mudik di awal,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi sesuai rapat koordinasi lintas sektor kesiapan Operasi Ketupat 2024 di Jakarta, Senin (25/3).

Pemerintah memperkirakan puncak arus mudik terjadi dari 5 April sampai dengan 8 April 2024. Lalu puncak arus balik dari 13 April sampai 16 April.

“Beberapa catatan saya berkaitan dengan puncak mudik yang tadi disampaikan Pak Menko, memang benar hari keempat itu (puncaknya). Tetapi, karena kalau hari keempat, ketiga, kedua itu akan tinggi sekali (arus lalu lintas),” katanya.

Untuk itu, Budi mengimbau masyarakat yang dapat mudik lebih awal bisa terhindar dari potensi kepadatan di jalan. Mengingat hasil survei dari Kementerian Perhubungan jumlah pergerakan masyarakat pada lebaran tahun ini meningkat lebih dari 50 persen, yakni ada 193 juta orang. Sedangkan tahun lalu 123 juta orang.

Selain itu, pemerintah juga memperkirakan Idulfitri jatuh pada 10 April, yang dirayakan semua umat Islam.

Untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2024 ini, pemerintah juga akan menyiapkan program potongan biaya komersil seperti tahun lalu. Namun ini masih akan dibahas dengan operator jalan tol.

"Yang gratis tol yang fungsional dan tol komersial ada diskon seperti tahun lalu, tapi kita belum koordinasi dengan operator. Dalam waktu dekat akan kita umumkan," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. (antara/jpnn)


Pemerintah memperkirakan puncak arus mudik terjadi dari 5 April sampai dengan 8 April 2024.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close