Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Charles Honoris: Lonjakan Kasus Covid-19 India Harus jadi Pelajaran buat Indonesia

Jumat, 16 April 2021 – 05:30 WIB
Charles Honoris: Lonjakan Kasus Covid-19 India Harus jadi Pelajaran buat Indonesia - JPNN.COM
Charles Honoris. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris mengatakan peningkatan kasus Covid-19 di dunia yang terjadi beberapa pekan terakhir harus disikapi serius oleh pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan itu menyatakan vaksinasi Covid-19 yang digalakkan pemerintah saat ini harus disertai dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

"Jika itu tidak dilakukan, maka kasus Covid-19 di Indonesia akan seperti di India," ungkap Charles Honoris dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (15/4).

Charles menjelaskan bahwa lonjakan kasus di India misalnya, harus menjadi pelajaran buat Indonesia. Sebab, lanjut Charles, di negara dengan laju vaksinasi yang cepat sekali pun, kasus baru Covid-19 bisa meledak ketika protokol kesehatan diabaikan.

Menurutnya, sebagai produsen vaksin, India sudah menyuntikkan lebih dari 100 juta vaksin ke warganya.

Namun, dengan laju vaksinasi yang tinggi tersebut, India pada Rabu (14/4) tetap mencatat 184 ribu kasus baru akibat adanya pertemuan-pertemuan massal, yang diakui otoritas setempat banyak diikuti peserta yang tidak mengenakan masker dan menjaga jarak.

Charles menjelaskan dari kasus India ini, hendaknya semua pihak belajar bahwa vaksinasi penting sebagai intervensi untuk menciptakan herd immunity (kekebalan kawanan). Namun, dia menegaskan, tanpa dibarengi penerapan protokol kesehatan, masyarakat belum bisa sepenuhnya terlindungi dari penularan Covid-19.

Protokol kesehatan dan perubahan perilaku masyarakat masih menjadi senjata paling ampuh memutus rantai penularan Covid-19.

Anggota DPR RI Charles Honoris menyatakan vaksninasi Covid-19 yang digalakkan pemerintah saat ini harus disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat. Jika tidak, maka kasus Covid-19 Indonesia akan seperti India.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close