Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dapat Laporan dari Warga di Dapil, Uni Irma Minta Mendagri dan Polri Bertindak

Minggu, 17 September 2023 – 12:35 WIB
Dapat Laporan dari Warga di Dapil, Uni Irma Minta Mendagri dan Polri Bertindak - JPNN.COM
Anggota DPR RI Irma Suryani Chaniago soroti pencopotan Sekda Pagaralam Syamsul Bahri Burlian oleh Wali Kota Alpian Maskoni. Foto/Ilustrasi: Ricardo/JPNN com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI dari Dapil II Sumatera Selatan Irma Suryani Chaniago menyoroti polemik pemecatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagaralam Samsul Bahri Burlian oleh Wali Kota Alpian Maskoni.

Irma menyebutkan saat kunjungan kerja di Pagaralam, dia mendapatkan laporan dari masyarakat atas pemecatan yang dianggap sewenang-wenang terhadap mantan Sekda Kota Pagaralam Samsul Bahri Burlian.

"Saya mendapat laporan aspirasi dari masyarakat bahwa adanya dugaan kriminalisasi jabatan dan pembunuhan karakter yang tiba-tiba diturunkan pangkatnya tanpa alasan yang jelas," kata Irma dalam keterangannya, Minggu (17/9).

Dia menyebut sekda tersebut menurut masyarakat bekerja dengan baik dan membantu pemda Pagaralam dalam menjalankan fungsinya dengan tidak melakukan kesalahan apa pun.

Politikus NasDem itu juga mendorong Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dan Kepala Kepolisian Negara (Kapolri) Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan investigasi terhadap penurunan jabatan Sekda Samsul Bahri. 

Menurut Irma, pencopotan jabatan dilakukan tanpa alasan yang jelas. Dia juga mengajak semua pihak yang telah mengetahui permasalahan ini untuk bersama-sama mendorong pemerintah melakukan investigasi menyeluruh.

"Saya minta kepada Mendagri untuk mengevaluasi kembali tindakan pencopotan pejabat yang dilakukan sebulan sebelum wali kota habis masa jabatan. Setahu saya pejabat yang dalam waktu dekat akan habis masa jabatan tidak boleh mengambil keputusan strategis," lanjutnya.

Dia juga menyebutkan jabatan sekda tersebut harus dikembalikan meskipun yang bersangkutan tidak terpilih sebagai Pjs wali kota. 

Anggota DPR RI dari Dapil Sumatera Selatan II Irma Suryani Chaniago menyoroti polemik pemecatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pagar Alam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close