Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Data Kendaraan Tak Bayar Pajak 2 Tahun Dihapus Polisi

Minggu, 12 Maret 2023 – 10:02 WIB
Data Kendaraan Tak Bayar Pajak 2 Tahun Dihapus Polisi - JPNN.COM
Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar, Kombes Pol Hilman Wijaya di Padang, Sabtu. (ANTARA/HO Rico)

jpnn.com, PADANG - Data kendaraan yang tak bayar pajak selama dua tahun mulai dihapus oleh Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sumatera Barat (Sumbar) dari sistem registrasi di kepolisian dan pemerintah daerah.

"Sejak peluncuran Program Triple Untung, kami mulai melakukan penghapusan data kendaraan yang tak bayar pajak lebih dari dua tahun," kata Dirlantas Polda Sumbar Kombes Hilman Wijaya di Padang, Sabtu (11/3).

Dia menjelaskan di Sumbar saat ini tercatat ada 1,16 juta unit kendaraan bermotor mati pajak sehingga datanya dapat dihapus dari sistem.

Penghapusan itu dilakukan pada data yang tercatat di Ditlantas, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), maupun Jasa Raharja.

Hilman menyebut penghapusan itu diatur dalam Pasal 74 Ayat 2b UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Sesuai regulasi, penghapusan data kendaraan bermotor dapat dilakukan apabila kendaraan bermotor tersebut tidak didaftarkan ulang selama dua tahun setelah habis masa berlaku surat tanda nomor kendaraan bermotor (STNK).

Bagi masyarakat yang tidak mengindahkan imbauan tersebut setelah disampaikan beberapa kali peringatan, maka setelah melalui mekanisme penelitian akan dilakukan penghapusan data registrasi dan identifikasi kendaraan bermotor di database kepolisian dan pemda.

"Dalam kondisi telah dihapuskan maka kendaraan tidak dapat lagi didaftarkan ulang," tegasnya.

Polda Sumbar mulai menghapus data kendaraan tak bayatr pajak 2 tahun dari sistem di kepolisian dan pemda. Begini dampaknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close