Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Demi Kembalikan Kepercayaan Publik, Putusan MKMK Harus Out of The Box dan Bernurani

Kamis, 02 November 2023 – 22:50 WIB
Demi Kembalikan Kepercayaan Publik, Putusan MKMK Harus Out of The Box dan Bernurani - JPNN.COM
Kepala Pusat Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (UII) Anang Zubaidy (ANTARA/HO/UII)

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Pusat Studi Hukum Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) Anang Zubaidy menyebut Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) harus bersikap tegas dalam mengusut dugaan pelanggaran etik.

Hal tersebut sangat diperlukan untuk bisa mengembalikan kepercayaan masyarakat atau publik kepada MK.

Anang pun berharap anggota MKMK menggunakan sisi nuraninya untuk menganalisis dan mengusut perkara dugaan pelanggaran etik hakim konstitusi.

“Mudah-mudahan majelis hakim MKMK itu bukan sekadar menggunakan kacamata normatif, tetapi juga menggunakan nuraninya untuk membaca fenomena ini, untuk membaca putusan, dan membaca dugaan konflik kepentingan dari kacamata keadilan dan kemanfaatan,” kata dia dikutip dari Antara, Kamis (2/11).

Selain itu, Anang meminta MKMK membuat putusan yang out of the box atau tidak normatif terkait dugaan pelanggaran kode etik hakim konstitusi, yakni dengan mempertimbangkan aspek kemanfaatan dan keadilan.

“MKMK untuk bisa mengembalikan kepercayaan publik, maka dia harus membuat putusan yang out of the box, di luar pertimbangan normatif, lebih pada pertimbangan kemanfaatan dan keadilan,” kata dia.

Anang mengatakan ketika dasar pengambilan keputusan hanya normatif, maka putusan MK bersifat final dan mengikat. Menurutnya, hal tersebut meniadakan upaya hukum lain dan tidak lagi dipandang sebagai mekanisme untuk membatalkan putusan.

“Kalau berpikirnya normatif ya selesai, kita tidak ada upaya hukum apa pun, saya berpikirnya di luar itu. Bahwa hukum itu harus memberikan jalan keluar,” imbuh pakar hukum tata negara itu.

Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) mesti menggunakan hati nurani dalam mengusut dugaan pelanggaran etik hakim.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close