Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Desa Sudah Hancur Akibat Bencana Longsor, Ribuan Warga Siap Direlokasi

Jumat, 31 Januari 2020 – 00:14 WIB
Desa Sudah Hancur Akibat Bencana Longsor, Ribuan Warga Siap Direlokasi - JPNN.COM
Warga Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor mengangkut logistik. Foto: ANTARA/M Fikri Setiawan

jpnn.com, BOGOR - Ribuan warga Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, siap direlokasi karena desa mereka telah hancur akibat bencana longsor awal tahun 2020.

"Jumlah 8.100 warga Cileuksa. Warga siap direlokasi, tapi dalam kondisi tanah itu aman. Warga yang penting ditempatkan di posisi yang dinyatakan ahli geologi itu aman," ujar Kepala Desa Cileuksa Ujang Ruhyadi, Kamis (30/1). 

Cileuksa merupakan desa terdampak longsor paling parah di Kecamatan Sukajaya. Total pengungsi di desa tersebut mencapai 4.174 jiwa dari 1.696 Kepala Keluarga (KK). Dari total jumlah pengungsi, 148 di antaranya merupakan ibu menyusui dan 39 ibu hamil.

Di Desa Cileuksa, Kampung Cileuksa Utara merupakan wilayah paling parah terdampak bencana. Di kampung itu, 291 KK mengungsi yang terdiri dari 893 jiwa. Pengungsian berupa hunian sementara (huntara) itu masih berlokasi di desa yang sama, yaitu tepatnya di lapangan Kantor Desa Cileuksa.

Huntara buatan warga ini dihuni 1.152 jiwa, berasal dari Kampung Cileuksa Utara 893 jiwa dan 81 jiwa dari Kampung Pasir Eurih.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin mengajukan sebanyak 15 titik tempat untuk keperluan relokasi korban bencana di Kecamatan Sukajaya.

"15 titik itu opsi, kami ajukan untuk tindak lanjut. Kami harus cepat menetapkan lokasi, karena apa, ketika belum meng-SK-kan lokasi itu bantuan enggak akan turun-turun," ujarnya.

Ia menerangkan, 15 titik opsi lahan untuk relokasi itu tersebar di tiga kecamatan Kabupaten Bogor, yaitu Cigudeg, Sukajaya, dan Nanggung.

8.100 warga Desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya, Bogor siap direlokasi karena desa mereka hancur akibat bencana longsor awal tahun 2020.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close