Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Detik-detik Para Penumpang KM Lestari Maju Melompat ke Laut

Rabu, 04 Juli 2018 – 08:51 WIB
Detik-detik Para Penumpang KM Lestari Maju Melompat ke Laut - JPNN.COM
KM Lestari Maju tenggelam di perairan Kepulauan Selayar, Selasa (3/7). Sejumlah kendaraan ikut mengapung di laut. (Foto: Ist/Jpnn)

jpnn.com, SELAYAR - KM Lestari Maju tenggelam di laut Kepulauan Selayar, Selasa (3/7) siang. Kapal tersebut karam saat tengah berlayar dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulsel, menuju Pelabuhan Pamatata, Kabupaten Selayar.

Kapolres Selayar AKBP Syamsul Ridwan mengatakan, awalnya sekitar pukul pukul 10.00 pagi wita, KM Lestari Maju star dari Pelabuhan Bira ke Pamatata.

Dalam pelayaranya sekitar pukul 13.00 wita atau sekitar 3 jam perjalanan perjalanan dari bira, yakni di perairan Lepas Pulau Pasi, tiba-tiba air masuk di dek kapal.

Awal KM Lestari berusaha mencoba memompa air namun tidak berhasil dan air masuk tidak terbendung yang mengakibatkan kapal miring yang mengakibatkan penumpang panik dan berebut Life Jacket. "Bahkan ada beberapa penumpang yang memilih meninggalkan kapal dengan melompat," katanya.

Setelah itu, kapal kemudian diarahkan ke Pantai terdekat yakni Pulau Pa'baddilang. "Dan sekitar pukul 13.30 wita, kapal berhasil dikandaskan sekitar 300 Meter dari Pantai Pa'baddilang," jelasnya.

Hingga malam tadi sekitar pukul 22.00 wita, korban yang ditemukan semakin bertambah. Untuk korban yang berhasil selamat totalnya mencapai 87 orang. Perawatannya dibagi tiga tempat, di RSU KH. Hayyung 20 orang, Puskesmas Batangmata 32 orang, dan Puskesmas Parangia 35 orang.

"Total yang sudah dievakuasi 105 Orang dari manivest 139. Korban meninggal 18 Orang. Sampai malam ini masih terus dilakukan evakuasi bersama seluruh instansi terkait," jelasnya.

Sekadar diketahui, KM Lestari Maju dinakhodai oleh Agus Susanto dan ada 19 crewnya. Di mana, muatan kapal KM Lestari Maju berdasarkan data dari Pelabuhan Bira penumpang berjumlah 139 orang, Bus 2 Unit , Kendaraan Motor : 18 Unit, Kendaraan Kecil : 28 Unit, Kendaraan Pribadi : 14 Unit, Truk : 8 Unit.

KM Lestari Maju tenggelam di laut Kepulauan Selayar, saat berlayar dari Pelabuhan Bira, Bulukumba, menuju pelabuhan Pamatata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close