Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Kasus Pembunuhan Wartawan Sun TV

Dewan Pers Minta Jamwas Periksa Jaksa Jafet

Jumat, 25 Februari 2011 – 16:27 WIB
Dewan Pers Minta Jamwas Periksa Jaksa Jafet - JPNN.COM
JAKARTA - Dewan Pers meminta agar Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM Was) Kejagung untuk memeriksa Jafet Ohelo, Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menangani kasus pembunuhan wartawan Sun TV di Tual, Maluku. Pasalnya, Jafet hanya menjatuhkan tuntutan delapan bulan penjara bagi tiga tersangka pelaku pembunuhan itu. Padahal, ancaman untuk pelaku pembunuhan adalah di atas lima tahun dan maksimal seumur hidup.

"Kita sudah laporkan kepada Jaksa Agung," ujar Wakil Ketua Dewan Pers (DP), Bambang Harymurti, dalam jumpa pers menyikapi putusan super-ringan itu di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Jumat (25/2) siang.

Selain melapor ke Jaksa Agung, Bambang pun menyebut akan melaporkan kasus ini kepada Satgas Mafia Hukum. Alasannya, ia menduga tuntutan ringan itu merupakan juga kasus mafia hukum. "Kami akan laporkan ke Satgas Mafia Hukum, karena ini telah melibatkan pengadilan," tambahnya.

Sementara itu, Koordinator Maluku Media Center (MMC), Insany Syahbarwaty menambahkan, pihaknya menemukan sejumlah kejanggalan dalam penanganan kasus pembunuhan itu. Terutama mengenai pasal penganiayaan yang menyebabkan hilangnya nyawa orang lain, namun hanya dituntut delapan bulan. "Untuk itu, MMC meminta Jaksa Agung Muda bidang Pengawasan mengirim tim pengawas untuk memeriksa JPU Jafet Ohelo," ujarnya di lokasi yang sama.