Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dewan Ulama Masjid Al Aqsa: Ini Keputusan Menyakitkan

Jumat, 17 April 2020 – 10:57 WIB
Dewan Ulama Masjid Al Aqsa: Ini Keputusan Menyakitkan - JPNN.COM
Haram al-Sharif, tempat Masjid Al Aqsa (kubah hijau) dan Dome of Rock (kubah emas) berada. Foto: visitmasjidalaqsa

jpnn.com, YERUSALEM - Masjid Al Aqsa di Yerusalem tidak akan dibuka untuk pelaksanaan ibadah salat tarawih sepanjang Ramadan tahun ini. Menurut dewan ulama masjid, langkah ini bertujuan mencegah penyebaran virus corona.

Ketika Ramadan, puluhan ribu umat Islam mengunjungi Masjid Al Aqsa setiap harinya untuk menunaikan tarawih.

Keputusan untuk melarang tarawih di kompleks seluas 35 hektar itu merupakan perpanjangan dari kebijakan yang sudah dikeluarkan sejak 23 Maret lalu.

Dalam pernyataan tertulis, dewan ulama menyebut bahwa keputusan tersebut memang menyakitkan, tetapi sejalan dengan fatwa hukum dan anjuran kesehatan. Dewan pun meminta semua umat Islam melaksanakan ibadah di rumah masing-masing selama Ramadan.

Walaupun begitu, azan untuk salat lima waktu masih akan dikumandangkan dari Masjid Al Aqsa selama Ramadan, dan para petugas di kompleks masjid juga masih diperkenankan masuk.

Kompleks Masjid Al Aqsa merupakan situs yang disucikan dalam ajaran tiga agama, yakni Islam, Nasrani, dan Yahudi. Ketiganya telah mengambil langkah pencegahan penyebaran virus corona.

Misalnya, pada pekan lalu, umat Yahudi di sekitar Yerusalem diminta merayakan Paskah di rumah dan hanya berkumpul dengan keluarga inti. Padahal biasanya ibadah Paskah dilangsungkan bersama-sama di Tembok Ratapan.

Bagi umat Nasrani, peringatan dan ritual Paskah, yang biasanya digelar dengan ramai oleh umat di Gereja Makam Kudus, pada pekan lalu hanya dilakukan oleh sekelompok kecil rohaniwan gereja yang mengenakan masker.

Masjid Al Aqsa di Yerusalem tidak akan dibuka untuk pelaksanaan ibadah salat tarawih sepanjang Ramadan tahun ini

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close