Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Depan Anggota DPR, BNPB Klaim PSBB Berhasil

Selasa, 12 Mei 2020 – 19:14 WIB
Di Depan Anggota DPR, BNPB Klaim PSBB Berhasil - JPNN.COM
Warga Jakarta harus mematuhi aturan selama PSBB. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Deputi Bidang Penanganan Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dody Ruswandi mengatakan secara umum penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah telah menunjukkan keberhasilan menurunkan angka positif Covid-19.

“Bahwa secara umum PSBB ini berhasil. Kemarin kami sudah rapat dengan beberapa gubernur,” kata Dody saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR secara virtual, Selasa (12/5).

Dody mencontohkan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, telah mengalami perkembangan positif setelah melakukan PSBB 14 hari. Ia menjelaskan, pertumbuhan Covid-19 di Makassar yang tadinya 70 persen, setelah PSBB hanya 29 persen.

“Tingkat kesembuhan 16 persen, setelah PSBB menjadi 86 persen. Begitu juga angka kematian juga menurun dari 8 persen menjadi 4 persen,” ujar Dody.

Selain Makassar, Dody menyatakan bahwa Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Banten, juga mengalami perkembangan bagus setelah 14 hari menjalankan PSBB. “Tangsel efektivitasnya mencapai 70 persen,” tegasnya.

Pun demikian di DKI Jakarta, Dody mengklaim angkanya mengalami penurunan setelah pelaksanaan PSBB karena memang sebagian masyarakat berangsur pulang ke daerah. Menurut Dody, sekarang isu tentang Covid-19 ini agak meningkat di Jawa Timur (Jatim).

Karena itu, kata dia, sekarang ini fokus perhatian juga terjadi di Jatim. “Jadi, Jabodetabek relatif menurun, daerah Jatim malah meningkat,” ujarnya.

Dody menuturkan, saat ini pihaknya tengah mengumpulkan data angka berkurangnya Covid-19 di Jabodetabek karena pemberlakuan PSBB. Namun, dia menjelaskan, berdasar laporan yang ada di Bogor saja kemarin sudah menurun. Hanya saja, di Bekasi masih terkendala di hulunya yakni beberapa pabrik di DKI Jakarta masih buka.

BNPB mengklaim bahwa secara umum penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah telah menunjukkan keberhasilan menurunkan angka positif Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

TAGS   PSBB  DPR  BNPB 
BERITA LAINNYA
X Close