Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Depan Menko Luhut, Presiden Tiongkok Serukan Lawan Proteksionisme

Rabu, 06 November 2019 – 07:35 WIB
Di Depan Menko Luhut, Presiden Tiongkok Serukan Lawan Proteksionisme - JPNN.COM
Presiden China Xi Jinping (depan enam kanan) foto bersama para kepala dan pejabat negara lain usai membuka Pameran Impor Internasional China (CIIE) ke-2 di Shanghai. Foto: Antara

jpnn.com, SHANGHAI - Presiden Tiongkok Xi Jinping menyerukan kepada dunia untuk melawan segala bentuk proteksionisme dan unilateralisme. Menurutnya, dunia akan lebih baik jika semua negara bekerja dalam semangat kebersamaan.

"Kita perlu bergandengan tangan. Kita perlu merobohkan dinding, bukan membangunnya. Kami berdiri tegak menentang proteksionisme dan unilateralisme," kata Presiden Xi saat membuka Pameran Impor Internasional Tiongkok (CIIE) di Shanghai, Selasa (5/11).

Dalam acara yang dihadiri Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Luhut B Panjaitan tersebut, Xi mengajak dunia untuk bersama-sama menghapus hambatan-hambatan perdagangan global.

"Semua persoalan harus diatasi dengan semangat kebersamaan dan saling pengertian. Tidak ada satu negara yang bisa menyelesaikan persoalan seorang diri sehingga diperlukan kerja sama," ujar Sekretaris Jenderal Partai Komunis Tiongkok (CPC) itu.

Dia berjanji akan terus membuka lebar-lebar pasar dalam negeri Tiongkok. Dengan jumlah penduduk yang mencapai 1,4 miliar jiwa dan masyarakat berpendapatan menengah terbesar di dunia, lanjut Xi, Tiongkok tentu merupakan pasar yang sangat menggiurkan.

"Apa yang ingin saya katakan hari ini bahwa pasar Tiongkok yang begitu besar ini sudah selayaknya Anda datangi untuk memberikan tawaran," katanya.

Xi menambahkan, Tiongkok juga akan terus menurunkan tarif dan berupaya menyeimbangkan ekspor dan impornya serta perdagangan dan industri

CIIE tahun ini merupakan pameran produk-produk impor yang kedua. Acara yang digelar di kota termaju Tiongkok itu dihadiri sejumlah pejabat dan pengusaha dari Indonesia. (ant/dil/jpnn)

Presiden Tiongkok Xi Jinping menyerukan kepada dunia untuk melawan segala bentuk proteksionisme dan unilateralisme. Menurutnya, dunia akan lebih baik jika semua negara bekerja sama.

Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close