Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Di Tengah Pandemi Corona, Petani Pinrang ini Sukses Raup Omzet Besar dengan Alsintan

Minggu, 19 April 2020 – 22:15 WIB
Di Tengah Pandemi Corona, Petani Pinrang ini Sukses Raup Omzet Besar dengan Alsintan - JPNN.COM
Petani milenial yang sukses terus produksi dengan bantuan alsintan. Foto: Humas Kementan

jpnn.com, PINRANG - Salah satu faktor penentu kemajuan pertanian di masa mendatang melalui pengembangan usaha agribisnis yang dilakukan generasi milenial.

Estafet petani selanjutnya adalah kepada mereka yang mempunyai inovasi dan gagasan kreatif dan bermanfaat bagi kelangsungan pertanian.

Hal inilah yang membuat Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) menaruh harapan pertanian pada generasi milenial.

Saat ini banyak petani milenial yang telah menjadi pengusaha dalam sektor pertanian, salah satunya Bahtiar.

Pemuda asal Pinrang ini memulai bisnis di bidang pertanian setelah mengikuti Program Magang Jepang yang difasilitasi oleh Kementerian Pertanian pada tahun 2012.

Setelah kembalinya dari Jepang, Bahtiar memulai usaha di bidang pertanian dengan komoditas padi, jagung dan beternak sapi sekaligus mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Alam Indah.

Awal kesuksesan Bahtiar dimulai ketika kelompok tani (poktan) tempat dia bernaung mendapat bantuan alat panen padi (Combine Harvester).

“Alhamdulillah, alat ini dikelola secara profesional bersama anggota kelompok tani lainnya. Karena prospeknya yang bagus, maka saya memberanikan diri untuk membeli 1 unit Combine Harvester yang besar. Dari hasil keuntungan combine, digunakan kembali untuk menambah armada 1 unit combine harvester, sehingga saat ini memiliki tiga armada, 1 unit milik kelompok dan 2 unit milik pribadi,” terang Bahtiar.

Saat ini banyak petani milenial yang telah menjadi pengusaha sukses dalam sektor pertanian dengan alsintan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close