Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Percepat Penetrasi Broadband, Satelit Palapa N-1 Siap Mengudara 2020

Minggu, 21 Mei 2017 – 12:51 WIB
Percepat Penetrasi Broadband, Satelit Palapa N-1 Siap Mengudara 2020 - JPNN.COM
Rudiantara. Foto: JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Indosat Ooredoo menggandeng PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) melalui joint venture PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS) menandatangani nota kesepahaman dengan produsen satelit asal Tiongkok, China Great Wall Industry Corporation (CGWIC).

Melalui kerja sama ini, CGWIC akan mengerjakan sekaligus mengorbitkan satelit yang akan menggantikan Palapa-D pada slot orbit 113 derajat Bujur Timur yang habis masa operasinya pada 2020.

"Satelit ini akan membantu mempercepat penetrasi broadband dan layanan penyiaran di Indonesia sekaligus menjadi bagian penting untuk layanan Business-to-Business (B2B) Indosat Ooredoo," tutur CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli dalam keterangan resminya, Minggu (21/5).

Satelit yang diberi nama Palapa Nusantara 1 atau Palapa-N1 ini akan dilepas dengan peluncur Long March 3B dari Xichang Satellite Launch Center di Tiongkok.

Menggunakan teknologi High Throughput Satellite (HTS) ini dikembangkan dengan Chinese DFH 4 Bus.

"Ini membuktikan komitmen penuh Indosat Ooredoo dalam mendukung program pemerintah untuk memperluas akses broadband, utamanya bagi masyarakat dan pelaku bisnis di Indonesia," ujar Alex

Palapa N-1 diharapkan mampu membantu mempercepat proses penetrasi broadband di Indonesia, mempercepat terwujudnya masyarakat digital, dan mewujudkan cita-cita pemerintah untuk menjadi negara digital terbesar di Asia Tenggara.

CEO PT Pasifik Satelit Adi Rahman Adiwoso menuturkan kerja sama dengan Indosat ini turut menunjukkan komitmen PSN di industri satelit.

loading...