Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dipuji-puji di Luar Negeri, Kebijakan Lockdown Selandia Baru Malah Diprotes Warga Sendiri

Minggu, 13 September 2020 – 05:48 WIB
Dipuji-puji di Luar Negeri, Kebijakan Lockdown Selandia Baru Malah Diprotes Warga Sendiri - JPNN.COM
PM Selandia Baru Jacinda Ardern. Foto: REUTERS

jpnn.com, JAKARTA - Sekelompok orang di Auckland melakukan demonstrasi menolak aturan pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah Selandia Baru terkait wabah COVID-19, Sabtu (12/9).  .

Laporan berita televisi menunjukkan terjadinya kerumunan masyarakat yang padat, kebanyakan tak mengenakan masker, dengan perkiraan jumlah peserta yang bervariasi--antara seribu hingga beberapa ribu orang.

"Kami semua di sini pada hari ini karena percaya bahwa kami harus berdiri untuk hak-hak kami," ujar Jami-Lee Ross, pemimpin partai politik Advance New Zealand yang menjadi salah satu pengelola protes tersebut, dikutip dari laporan Television New Zealand (TVNZ).

"Kami semua di sini pada hari ini karena percaya bahwa inilah waktu untuk berdiri dan mengatakan: 'kami ingin mendapatkan kembali hak dan kebebasan kami'," kata dia menambahkan.

Belum ada laporan mengenai penangkapan oleh pihak berwenang.

Selandia Baru sempat berhasil menghentikan penularan COVID-19 pada masyarakatnya dengan nihil kasus baru selama tiga bulan. Agustus lalu, muncul kembali kasus positif COVID-19 di Auckland, sehingga pemerintah menerapkan karantina wilayah di kota terbesar di negara itu.

Perdana Menteri Jacinda Ardern menurunkan tingkat pembatasan pada awal September, namun Auckland masih berada dalam tingkat kewaspadaan 2,5--berarti pelarangan terhadap perkumpulan sosial dengan peserta lebih dari 10 orang.

Sementara penggunaan masker diwajibkan saat berada di kendaraan umum di seluruh wilayah Selandia Baru.

Sekelompok orang di Auckland melakukan demonstrasi menolak aturan pembatasan sosial yang diterapkan pemerintah Selandia Baru

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close