Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diskusi 10 Tahun Kepemimpinan Jokowi, Demokrasi Sedang Tak Baik-baik Saja

Jumat, 16 Agustus 2024 – 01:45 WIB
Diskusi 10 Tahun Kepemimpinan Jokowi, Demokrasi Sedang Tak Baik-baik Saja - JPNN.COM
Diskusi sepuluh tahun kepemimpinan Presiden Jokowi, para mahasiswa menilai demokrasi sedang tak baik-baik saja. Foto: Supplied for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Front Penyelamat Demokrasi dan Reformasi Indonesia menggelar diskusi publik mengangkat tema 'Evaluasi 10 Tahun Kepemimpinan Jokowi' di Jalan Diponegoro Nomor 72 Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (15/8).

Diskusi menghadirkan para aktivis mahasiswa dari berbagai organisasi. Di antaranya Donny Manurung (aktivis GMKI), Herianto (BEM SI), Maria Ega Lein (Ketua PMKRI Jakpus), Yukenriusman Hulu (aktivis UKI) dan Sharir Core Bima (BEM FH UBK).

Kemudian Shandi Marthapradja (aktivis Universitas Muhamadiyah Tangerang) serta Deodatus Sunda Se (Ketua GMNI Jaksel). Moderator diskusi Rarasworo Tejo (aktivis 98).

Dalam pandangannya Ega menilai selama sepuluh tahun ini rakyat Indonesia terkesan kena prank. Pencitraan yang dibangun di awal pemerintahan, pemimpin harus hidup merakyat, tetapi kenyataannya tidak demikian.

"Bisa dilihat drama hingga anaknya menjadi wakil presiden terpilih. Kemudian, belakangan juga kembali mencuat pengubahan umur untuk maju pilkada dan sejumlah hal lain," ucapnya.

Sementara itu seorang mahasiswa Universitas Kristen Indonesia (UKI) Yuken menilai demokrasi Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Karena itu dia menilai mahasiswa sudah waktunya kembali berjuang menyuarakan kebenaran. Karena institusi pemerintahan belakangan juga dilemahkan oleh segelintir oknum.

Pandangan senada dikemukakan Dony dari GMKI. Dia menilai sepuluh tahun Pemerintahan Jokowi hukum terkesan tidak berpihak pada rakyat.

Diskusi sepuluh tahun kepemimpinan Presiden Jokowi, para mahasiswa menilai demokrasi sedang tak baik-baik saja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA