Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Diskusi Dengan Mahasiswa, Alam Ganjar Bicara Soal Kepemimpinan Hingga Bonus Demografi

Rabu, 31 Januari 2024 – 14:28 WIB
Diskusi Dengan Mahasiswa, Alam Ganjar Bicara Soal Kepemimpinan Hingga Bonus Demografi - JPNN.COM
Alam Ganjar bersama sejumlah mahasiswa dan mahasiswi yang ada di Jombang. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, JOMBANG - Muhammad Zinedine Alam Ganjar menghadiri kegiatan Talkshow Gen Z dan Kepemimpinan yang dihadiri oleh ribuan mahasiswa di Universitas Darul Ulum Jombang.

Berbagai topik dan diskusi mencuat dalam forum tersebut. Salah satu yang kerap digaungkan, yakni bagaimana generasi muda khususnya mahasiswa mempersiapkan kelanjutan masa depannya dalam dunia kerja.

"Tadi ada obrolan kepemimpinan di masa depan dan apa yang perlu disiapkan bagaimana kebutuhan terkait ketenagakerjaan, saat ini kami bisa lihat pencari lapangan kerja itu sangat banyak dan mencari pekerja itu sangat banyak ada gap yang miss di situ," ujar Alam dalam siaran persnya, Rabu (31/1).

Ada sejumlah aspek yang harus diperhatikan, salah satunya yakni dengan meningkatkan keterampilan di luar pembelajaran akademik yang diperoleh di kampus.

"Oleh karena itu, salah satu ruang untuk kita bisa mengisi kekosongan tersebut adalah jadi kita harus mempunyai pengalaman berorganisasi, berkompetisi volunteering dan lain sebagainya, sebagai edit value dalam melamar pekerjaan," ungkap Alam.

Selain itu, ada sejumlah pembahasan terkait politik dan Alam pun mengapresiasi hal tersebut, sebab diskusi tersebut sangat dibutuhkan oleh anak muda sekarang.

Apalagi saat ini Indonesia dihadapi oleh momentum bonus demografi dan cita-cita Indonesia Emas 2045. Alam menerangkan bagaimana anak muda harus ikut andil dan terlibat sebagai penentu arah kebijakan publik.

"Mereka butuh ruang untuk dilibatkan konkrit, berkolaborasi yang melibatkan anak muda sebagai salah satu stakeholder dalam pengambil kebijakan publik karena anak muda lah yang menjadi segmen sektor demografi terbesar dalam proses menuju 2030 sampai 2045," kata Alam.

Alam Ganjar berdiskusi dengan sejumlah mahasiswa yang ada di Jombang dan membahas soal kepemimpinan hingga demografi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close