Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

DPR Ingin Panggil Menkes soal Anggota KKI yang Dilantik Jokowi

Rabu, 19 Agustus 2020 – 15:27 WIB
DPR Ingin Panggil Menkes soal Anggota KKI yang Dilantik Jokowi - JPNN.COM
Saleh Partaonan Daulay. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Partaonan Daulay mengusulkan agar komisinya yang membidangi kesehatan itu memanggil Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, terkait polemik pelantikan anggota Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) oleh Presiden Joko Widodo pada hari ini, Rabu (19/8).

Pasalnya, pelantikan 17 anggota KKI di Istana Negara oleh Presiden Jokowi, menuai protes dari berbagai organisasi profesi, salah satunya Ikatan Dokter Indonesia (IDI).

Nah, Saleh menyebutkan bahwa secara resmi, komisi IX DPR belum mengetahui adanya pelantikan anggota KKI yang berbeda dengan rekomendasi yang diajukan oleh IDI.

"Kemenkes memang tidak pernah melaporkan masalah KKI ini. Setelah ditetapkan orang-orangnya, baru kemudian ada pernyataan dari IDI dan beberapa organisasi profesi terkait," kata Saleh kepada jpnn.com, Rabu.

Dalam konteks itu, pelaksana harian ketua fraksi PAN DPR ini mengusulkan agar komisi IX memanggil Menteri Kesehatan dan pihak terkait untuk menelusuri bagaimana duduk persoalan yang sebenarnya.

Dia berharap semua pihak dapat menyampaikan informasi yang diperlukan.

"Ini kan sulit ya. Perpres-nya sudah keluar. Orang-orangnya sudah dilantik. Kalaupun ada evaluasi, ini tentu diarahkan bagi upaya perbaikan di masa yang akan datang," ujar Saleh.

Secara pribadi, legislator asal Sumatera Utara ini memahami keberatan IDI dan beberapa organisasi profesi dokter.

DPR berencana memanggil Menkes terkait pelantikan anggota KKI oleh Presiden Jokowi yang diprotes IDI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close