Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dukung Studi Kelautan Indonesia, Putu Rudana BKSAP Kunjungi Kapal OceanX

Jumat, 12 Juli 2024 – 17:18 WIB
Dukung Studi Kelautan Indonesia, Putu Rudana BKSAP Kunjungi Kapal OceanX - JPNN.COM
Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Supadma Rudana saat mengunjungi Kapal OceanX di Tanjung Priok. Foto: dokumentasi BKSAP

jpnn.com - Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengunjungi Kapal OceanX, Ocean Explorer atas undangan organisasi OceanX di kawasan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Menurut Putu yang juga ketua Kaukus Air DPR RI, kunjungannya bersama delegasi BKSAP DPR bertujuan untuk mendukung kajian dan studi kelautan di Indonesia.

Kapal Ocean Explorer adalah sebuah vessel yang dilengkapi fasilitas canggih untuk melakukan penelitian kelautan, termasuk dua kapal selam yang mampu menyelam hingga kedalaman tertentu untuk mempelajari keanekaragaman hayati laut Indonesia.

Pada kesempatan itu, Putu Rudana bersama delegasi menerima penjelasan dari Kapten Peter dan krunya yang berjumlah 30 hingga 70 orang.

"Kapal ini bisa kita lihat, mereka bisa sampai turun. Mereka punya dua kapal selam. Itu bisa turun sampai cukup dalam dan melihat Biodiversity, Marine Biodiversity yang ada di lautan Indonesia," ujar Putu dalam keterangan pada Jumat (12/7).

Dia menjelaskan bahwa saat ini pemerintah sedang gencar melakukan studi dan kajian terhadap potensi kelautan yang dimiliki. Putu menilai langkah ini sangat positif karena Indonesia merupakan negara maritim dengan dua pertiga wilayahnya berupa laut.

"Kita harus menjaga dan melindungi laut kita. Kapal ini sangat bermanfaat karena bisa digunakan untuk kajian, studi, dan melihat berbagai potensi kelautan, khususnya di Indonesia," ucap legislator asal Bali itu.

Dia menilai kapal tersebut tidak hanya berfungsi untuk melakukan penelitian ilmiah saja, tetapi juga untuk publikasi. Salah satu tujuan dari kerja sama ini adalah mendokumentasikan keanekaragaman hayati laut Indonesia melalui berbagai media, termasuk video dan film.

Wakil Ketua BKSAP DPR RI Putu Rudana bersama delegasi mengunjungi Kapal OceanX guna mendukung studi kelautan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close