Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

OceanX dan Tanoto Foundation Ajak Pelajar Teliti Laut Indonesia

Rabu, 10 Juli 2024 – 14:39 WIB
OceanX dan Tanoto Foundation Ajak Pelajar Teliti Laut Indonesia - JPNN.COM
OceanX dan Tanoto Foundation mengajak pelajar meneliti laut Indonesia dalam kegiatan bertema “Misi Indonesia 2024” yang dilakukan dalam beberapa tahap. Foto: Dok. OceanX dan Tanoto Foundation

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah peneliti internasional bersama pemerintah dan juga para pelajar akan melakukan eksplorasi laut di sejumlah perairan nusantara.

Kegiatan yang mengangkat tema “Misi Indonesia 2024” ini dilakukan dalam beberapa tahap.

Sebelumnya, misi tersebut telah melakukan eksplorasi di perairan sekitar Batam, Aceh, Padang hingga Jakarta. Misi kemudian dilanjutkan ke kawasan perairan Indonesia Timur yang menjadi eksplorasi laut pertama kali dilakukan di wilayah tersebut.

"Kami menyadari bahwa pemahaman mendalam tentang laut sangat penting untuk memitigasi perubahan iklim dan memastikan kesehatan serta keberlanjutan lautan dunia,” kata Co-CEO dan Chief Science Officer OceanX Vincent Pieribone dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (10/7).

Dia mengatakan kegiatan ini hasil kolaborasi antara organisasi nirlaba eksplorasi kelautan global, OceanX, bersama Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) serta Tanoto Foundation.

Para peneliti akan meneruskan fokus penelitian oseanografi dan geofisika dengan sejumlah bidang yang meliputi keanekaragaman hayati, iklim, paleo-klimatologi, mikroplastik, kualitas air, dan karakteristik geologi seperti zona Sunda Megathrust, yang memiliki implikasi yang signifikan terhadap mitigasi bencana alam di masa mendatang.

Berbagai metode dan peralatan digunakan untuk melakukan eksplorasi tersebut. Mulai dari survei laut dalam menggunakan ROV dan penyelaman kapal submersible, survei laut dangkal dan dalam menggunakan sistem Baited-Remote Underwater Video (BRUV) hingga survei udara dari helikopter.

"Ini kolaborasi yang luar biasa antara peneliti berbakat Indonesia dan peneliti internasional dalam misi ini dan hasil temuannya akan mendukung pengelolaan perikanan berkelanjutan, strategi konservasi yang efektif, dan upaya mitigasi bencana," lanjut Vincent.

OceanX dan Tanoto Foundation mengajak pelajar meneliti laut Indonesia dalam kegiatan bertema Misi Indonesia 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close