Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Dunia Arab Sambut Gembira Pemulihan Hubungan Iran-Saudi

Minggu, 12 Maret 2023 – 05:46 WIB
Dunia Arab Sambut Gembira Pemulihan Hubungan Iran-Saudi - JPNN.COM
Peta negara-negara di Jazirah Arab dan Timur Tengah. Repro: World Atlas

jpnn.com, ANKARA - Sejumlah negara Arab menyambut baik pengumuman pemulihan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Iran pada Jumat (10/3) menyusul pembicaraan di Beijing.

Kementerian Luar Negeri Mesir berharap "kesepakatan itu akan meredakan ketegangan di kawasan dan berkontribusi untuk menstabilkan sekaligus mempertahankan kemampuan keamanan negara Arab."

Otoritas Irak mengatakan pihaknya menganggap "sebuah lembaran baru telah dibuka dalam hubungan diplomatik antar kedua negara."

Sementara itu, Kesultanan Oman juga menyambut baik kesepakatan itu.

"Ini adalah hasil yang baik bagi semua orang dan akan menguntungkan keamanan kawasan dan global. Kami berharap untuk jangka yang lebih panjang juga terdapat potensi peningkatan manfaat ekonomi bagi semua," cuit Menteri Luar Negeri Badr Al-Busaidi di Twitter.

Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani menyambut baik kesepakatan tersebut saat menelepon Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan, menurut kantor berita Qatar, QNA.

Sheikh Mohammed menyampaikan harapannya agar kesepakatan itu dapat memperkuat stabilitas dan keamanan di kawasan dan memenuhi aspirasi warga di Arab Saudi, Iran dan di seluruh kawasan.

Pernyataan respons positif juga diutarakan kelompok Houthi di Yaman, Hizbullah di Lebanon dan Hamas di Palestina.

Sejumlah negara Arab menyambut baik pengumuman pemulihan hubungan diplomatik antara Arab Saudi dan Iran pada Jumat (10/3) menyusul pembicaraan di Beijing

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close