Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Emrus: Bongkar Penunjukan Penyedia Pelatihan Kartu Prakerja!

Kamis, 30 April 2020 – 23:23 WIB
Emrus: Bongkar Penunjukan Penyedia Pelatihan Kartu Prakerja! - JPNN.COM
Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai, pemerintah perlu menjelaskan kepada masyarakat secara terang benderang terkait pelaksanaan program Kartu Prakerja.

Pasalnya, mulai muncul dugaan korupsi pada pelaksanaan program tersebut. Antara lain disuarakan politikus PDI Perjuangan Arteria Dahlan.

Anggota Komisi III DPR itu diketahui mengungkit dipilihnya 'Ruangguru' sebagai salah satu penyedia pelatihan online berbayar dalam program tersebut. Diduga proses dilakukan tanpa melalui tender atau penunjukan langsung.

Arteria menyampaikan pandangannya pada rapat kerja Komisi III dengan Ketua KPK Firli Bahuri, Rabu (29/4) kemarin.

"Jadi, agar persoalan menjadi klir, saya kira perlu diskusi publik. Di situ dibongkar mulai dari prosedur penganggaran, alokasi dan rasionalitas biaya untuk apa saja," ujar Emrus dalam pesan tertulis, Kamis (30/4).

Hal lain yang perlu diungkap ke publik, kata dosen di Universitas Pelita Harapan ini, terkait persetujuan, penunjukan penyedia pelatihan, serta teknis pelaksanaannya.

"Ingat, ini uang rakyat. Tidak boleh sepeser pun ditelan oleh 'virus corona'. Harus diungkap semuanya, termasuk penunjukan penyedia pelatihan," ucapnya.

Menurut Direktur Eksekutif EmrusCorner ini, siapapun bisa menggelar diskusi terkait program kartu prakerja. Namun, lebih baik dilakukan salah satu dari tiga aktor sosial yang muncul dalam perbincangan soal Kartu Prakerja.

Pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing menilai, pemerintah perlu menjelaskan kepada masyarakat secara terang benderang terkait pelaksanaan program kartu prakerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close