Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Facebook Akan Bayar USD 725 Juta Atas Kasus Cambridge Analytica, Terbesar Dalam Sejarah

Jumat, 23 Desember 2022 – 20:05 WIB
Facebook Akan Bayar USD 725 Juta Atas Kasus Cambridge Analytica, Terbesar Dalam Sejarah - JPNN.COM
Facebook bayar gugatan atas kasus cambridge analytica. Foto: Antara

jpnn.com - Meta Platforms Inc setuju untuk membayar kerugian senilai USD 725 juta untuk gugatan class action yang melibatkan Facebook dengan firma konsultan politik Cambridge Analytica.

Dalam berkas pengadilan, penyelesaian itu ditawarkan untuk kasus akses data tidak sah yang dilakukan Cambridge Analytica terhadap 87 juta pengguna Facebook pada 2018.

Tim pengacara penggugat mengatakan penyelesaian yang diajukan itu adalah nilai yang terbesar dalam gugatan class action di AS untuk privasi data, juga yang terbesar yang pernah dibayarkan Meta untuk gugatan class action.

"Penyelesaian bersejarah itu akan memberikan rasa lega pada masyarakat untuk kasus privasi yang kompleks dan baru pernah terjadi," ucap ketua tim pengacara penggugat Derek Loeser dan Lesley Weaver.

Dalam berkas penyelesaian itu, Meta tidak menyatakan melakukan kesalahan, yang harus melalui persetujuan hakim federal di San Francisco.

Meta melalui pernyataan resmi mengatakan penyelesaian itu "demi kebaikan bersama komunitas dan pemegang saham kami".

"Selama lebih dari tiga tahun belakangan kami mengubah pendekatan kami terhadap privasi dan menerapkan program privasi yang komprehensif," sebut Meta.

Cambridge Analytica, yang kini sudah tidak beropasi, adalah konsultan untuk kampanye Donald Trump ketika mencalonkan diri sebagai presiden AS pada 2016.

Meta setuju untuk membayar kerugian senilai USD 725 juta untuk gugatan class action yang melibatkan Facebook dengan firma konsultan politik Cambridge Analytica

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close