Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Festival Keris Siginjai: Gali Sejarah Candi Solok Sipin Lewat Berbagai Kegiatan

Sabtu, 03 Agustus 2024 – 18:57 WIB
Festival Keris Siginjai: Gali Sejarah Candi Solok Sipin Lewat Berbagai Kegiatan - JPNN.COM
Wisata edukasi ke Candi Solok Sipin, salah satu kegiatan yang meramaikan Festival Keris Siginjai. Foto: Dokumentasi Kemendikbudristek

jpnn.com, JAMBI - Festival Keris Siginjai berlangsung di Graha Sinjai Kantor Wali Kota Jambi pada 1-3 Agustus 2024.

Sejumlah kegiatan dilaksanakan yang berfokus pada peningkatan kreativitas dan edukasi dalam event yang masuk dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024, di antaranya lomba desain motif batik Solok Sipin dan wisata edukasi ke Candi Solok Sipin. 

Lomba desain motif batik Solok Sipin sendiri telah dimulai sejak Sabtu (27/7), di mana hasil karya motif batik akan ditampilkan pada pameran batik saat festival berlangsung.

Lomba yang diikuti oleh berbagai kalangan pelajar ini tidak hanya bertujuan menumbuhkan kreativitas di kalangan pelajar, tetapi juga untuk memperkenalkan dan melestarikan warisan budaya lokal, khususnya Candi Solok Sipin.

Kurator Lokal Jambi, Didin Siroz,mengatakan Festival Keris Siginjai melibatkan banyak generasi muda dan terkait dengan pewarisan nilai-nilai budaya dan sejarah.

“Festival Keris Siginjai dalam Kenduri Swarnabhumi diharapkan memberi energi positif bagi masyarakat, karena melibatkan banyak generasi muda dan terkait dengan pewarisan nilai-nilai budaya dan sejarah,” kata Didin dalam keterangan yang dikutip, Sabtu (3/8).

Lomba desain motif Batik Solok Sipin berlangsung di lantai 4 Graha Siginjai dan diikuti 58 pelajar dari tingkat SMP dan SMA.

Para peserta berkompetisi dengan semangat menampilkan desain batik yang terinspirasi oleh keindahan dan sejarah Candi Solok Sipin.

Festival Keris Siginjai yang masuk dalam rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024 dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang menggali sejarah Candi Solok Sipin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA