Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 Segera Digelar di Bali, Ini Rangkaian Acaranya

Jumat, 02 Agustus 2024 – 21:29 WIB
Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 Segera Digelar di Bali, Ini Rangkaian Acaranya - JPNN.COM
Rangkaian acara Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 dijadwalkan akan berlangsung di Bali pada 7-18 Agustus 2024. Foto: Dokumentasi Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media bersiap menggelar Mega Festival Indonesia Bertutur 2024.

Kegiatan tersebut dijadwalkan akan berlangsung di Bali pada 7-18 Agustus 2024.

Persiapan pergelaran terlihat dalam upacara Matur Piuning di tujuh lokasi yang akan menjadi lokasi utama pelaksanaan Indonesia Bertutur pada 27-28 Juli lalu yang dilakukan panitia penyelenggara. 

Upacara Matur Piuning dilaksanakan sebagai suatu upacara memohon kerahayuan dan kelancaran Kegiatan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan yang Maha Esa) serta menjaga keberlanjutan tradisi leluhur.

Pelaksanaan Indonesia Bertutur 2024 terdiri dari 9 program utama yang berfokus di 3 lokasi yang berbeda di Bali, yaitu Batubulan, Ubud, dan Nusa Dua. 

Di Batubulan akan diselenggarakan program Maha Wasundari pada 7 Agustus sebagai pembuka Indonesia Bertutur dengan menampilkan pertunjukan tiga genre tari Bali yang telah menjadi warisan budaya dunia.

Selanjutnya, Kathanaya akan berlangsung pada 8 - 9 Agustus dengan menampilkan seni tutur dengan mencakup nilai-nilai kearifan lokal serta sejarah panjang bangsa Indonesia.

Sementara itu, di Ubud akan terselenggara 4 program, yakni Visaraloka yang berlangsung pada 7-18 Agustus dengan menampilkan program Eksibisi Expanded Media dan Seni Performans.

Mega Festival Indonesia Bertutur 2024 mengajak masyarakat menjelajahi capaian artistik kebudayaan nusantara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA