Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fokus Infrastruktur, Kurangi Pelesiran

Target Pertumbuhan Direvisi

Kamis, 23 September 2010 – 18:22 WIB
Fokus Infrastruktur, Kurangi Pelesiran - JPNN.COM
JAKARTA -- Target pertumbuhan ekonomi (growth) 2011 terkoreksi dari usulan 6,3 persen menjadi 6,4 persen di DPR RI. Revisi growth ini diakui pemerintah berdampak cukup besar pada asumsi makro, salah satunya yang terkoreksi adalah target pendapatan negara dari pajak.

‘’Konsekuensi 6,4 persen itu tentu penerimaan pajak harus meningkat. Makanya jadi 12,05 persen atau ada penambahan target sekitar Rp3,5 triliun. Saya sudah lakukan diskusi dengan Menteri Keuangan soal itu dan kita optimis 6,4 persen itu bisa kita capai nantinya,’’ kata Menko perekonomian Hatta Rajasa pada wartawan, Kamis (23/9) di kantornya.

Hatta pun mengatakan, dengan perubahan asumsi dasar makro tersebut maka baik pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah, harus mengalokasikan anggaran secara tepat dan benar. ‘’Dari sisi pendapatan pajak saja terkoreksi Rp3,5 triliun. Makanya tahun depan itu setiap anggaran harus fokus untuk infrastruktur. Jangan untuk bepergian lagi,’’ tegas Hatta.

Dengan naiknya target pendapatan negara, maka pemerintah kata Hatta harus memikirkan berbagai cara guna meningkatkan perekonomian masyarakat. Aspek yang paling mendasar adalah segera meningkatkan kapasitas infrastruktur dalam negeri dengan menggaet investor sebanyak mungkin.

JAKARTA -- Target pertumbuhan ekonomi (growth) 2011 terkoreksi dari usulan 6,3 persen menjadi 6,4 persen di DPR RI. Revisi growth ini diakui pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA