Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Forum Rektor Indonesia Bertekad Jaga Keberagaman

Rabu, 15 Februari 2017 – 02:00 WIB
Forum Rektor Indonesia Bertekad Jaga Keberagaman - JPNN.COM
Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) yang juga Rektor Uhamka Prof. Suyatno. FOTO: Dok. Uhamka

jpnn.com - jpnn.com - Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) telah menghasilkan sejumlah rekomendasi. Salah satu rekomendasi yang utama adalah menjaga keberagaman dalam kebhinekaan Indonesia.

"Kampus adalah lingkungan yang heterogen. Akan berbahaya bila rektor mengutamakan salah satu kelompok atau golongan, karena akan hancur kampusnya dan terutama mahasiswanya," kata Rektor Uhamka Prof. Suyatno yang juga ketua FRI kepada pers di Jakarta, Selasa (14/2).

Selain masalah keragaman, FRI juga bertekad mendukung program pemerintah (Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi) dalam mewujudkan amanat konstitusi pendidikan nasional. Juga program pemerintah lainnya.

Berikut hasil konferensi FRI 2017:

1. FRI berpandangan bahwa keberagaman dalam kebhinekaan Indonesia yang terangkai dalam NKRI adalah suatu yang berjalan baik, tapi jika hanya karena didramatisasi oleh kepentingan-kepentingan jangka pendek, maka seakan mengkhawatirkan dan bahkan meresahkan. Oleh karena itu FRI berkomitmen menjadi perekat bangsa dan siap membantu menjaga keutuhan NKRI, serta siap bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat dan elemen bangsa.

2. FRI bertekad mengawal perwujudan amanat konstitusi pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan dan menyejahterakan kehidupan bangsa.

3. FRI bertekad mendidik mahasiswa sebagai generasi bangsa yang berkarakter Indonesia. Oleh karena itu, pemerintah harus meningkatkan pemberdayaan Perguruan Tinggi melalui penguatan kelembagaan dan peran serta dalam ' pembangunan berkelanjutan.

4. FRI siap membantu pemerintah dalam pengembangan maritime dan sumber daya laut, dunia usaha dan industri melalui penguatan pendidikan vokasi, serta penerapan nilai-nilai ekonomi dan demokrasi Pancasila.

Konferensi Forum Rektor Indonesia (FRI) telah menghasilkan sejumlah rekomendasi. Salah satu rekomendasi yang utama adalah menjaga keberagaman dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close