Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

FPDIP Ingin Presiden Kirim Satu Nama

Kamis, 16 September 2010 – 18:34 WIB
FPDIP Ingin Presiden Kirim Satu Nama - JPNN.COM
JAKARTA - Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FDIP) menginginkan hanya satu nama calon Kapolri yang dikirim oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ke DPR. Tetapi ditegaskan, nama yang dikirim itu harus yang terbaik dari semua calon, serta mempunyai komitmen untuk mengembalikan kewibawaan serta ketegasan dalam membela institusi Polri.

"Presiden sebaiknya kirim satu calon saja ke DPR. Tentunya dengan asumsi, yang dikirim Presiden adalah yang terbaik dari semua calon yang baik, yang (telah) beliau cermati dari berbagai aspek," kata Ketua FPDIP, Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Kamis (17/9).

Penilaian calon Kapolri yang dimaksud Tjahjo, adalah rekam jejak dari segi integritas, keberanian membela institusi Polri, serta komitmen untuk melayani masyarakat dan menciptakan Kamtibmas. Yang terpenting pula kata dia, adalah komitmen membela Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pancasila, UUD 45 dan kebhinekaan.

Tjahjo menjelaskan, nama calon yang diserahkan Presiden itu akan dilakukan uji kelayakan dan kepatutan oleh DPR. Disebutkannya pula, DPR dalam menjalankan tugasnya sebagaimana yang diamanatkan undang-undang, nantinya akan menelaah visi dan misi calon Kapolri yang bakal dipercaya memimpin Polri ke depan tersebut.