Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Fraksi PKS: Perlu Komitmen Kuat Wujudkan Demokrasi Pancasila

Minggu, 11 April 2021 – 17:28 WIB
Fraksi PKS: Perlu Komitmen Kuat Wujudkan Demokrasi Pancasila - JPNN.COM
Ketua Fraksi PKS DPR RI Jazuli Juwaini. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Fraksi PKS DPR menggelar Mimbar Demokrasi dan Kebangsaan Seri Ketiga dengan Tema "Melampaui Demokrasi Kita Hari Ini", Jumat (9/4), secara virtual.

Kali ini, menghadirkan narasumber Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wakil Ketua Majelis Syura PKS M. Sohibul Iman.

Ketua FPKS DPR RI Jazuli Juwaini dalam pengantarnya mengatakan tema ini sengaja diangkat guna mendapatkan perspektif yang jernih, reflektif, dan konstruktif soal bagaimana mewujudkan demokrasi yang substantif.

"Perlu komitmen kuat seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan demokrasi Pancasila yang substantif, yaitu demokrasi yang menghasilkan kesejahteraan rakyat berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945," ungkap Jazuli dalam siaran persnya, Minggu (11/4).

Anggota Komisi I DPR Dapil Banten ini menyatakan demokrasi Indonesia berbeda dengan negara-negara lain.

Sebab, ujar dia, Indonesia memiliki Pancasila sebagai dasar negara, sekaligus identitas dan karakter bangsa.

Jazuli menambahkan, demokrasi akan berjalan dengan baik apabila prosesnya jujur dan adil, tanpa tekanan serta paksaan, tidak ada poltik uang, maupun hal-hal lain yang menghambat menuju kebaikan.

“Demokrasi Indonesia berjalan dengan baik ketika awal reformasi, namun saat ini demokrasi kembali tertatih-tatih akibat oligarki kekuasaan dan kapital,” pungkas Jazuli Juwaini. (boy/jpnn)

Jazuli Juwaini mengatakan perlu komitmen kuat seluruh elemen bangsa untuk mewujudkan demokrasi Pancasila yang substantif, yang menghasilkan kesejahteraan rakyat berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close