Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ganjar Minta Remaja Dukung Penciptaan Penerus Bangsa yang Berkualitas

Senin, 22 Agustus 2022 – 19:53 WIB
Ganjar Minta Remaja Dukung Penciptaan Penerus Bangsa yang Berkualitas - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh remaja di Indonesia untuk mencegah perkawinan dini sekaligus menjauhi seks bebas. Foto: Antara

jpnn.com, YOGYAKARTA - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh remaja di Indonesia untuk mencegah perkawinan dini sekaligus menjauhi seks bebas.

Menurutnya, dua hal itu bisa membantu menciptakan penerus bangsa yang unggul dan sehat secara fisik maupun mental.

"Menikah harus minimal usia 21 untuk perempuan dan 25 untuk laki-laki. Kenapa demikian? Karena kalau dibawah usia 21 tahun untuk perempuan dan 25 tahun untuk laki-laki, secara fisik, mental, dan finansial-nya belum siap," kata Ganjar di Yogyakarta, Minggu (22/8).

Ganjar menyebut saat ini kondisi remaja memprihatinkan karena banyak ditemukan atau janda usia sekolah. Sebab, ada faktor ekonomi serta sosial dan budaya di Indonesia yang beranggapan bahwa usia setelah lulus sekolah merupakan saat yang tepat untuk menikahkan anak-anaknya.

"Banyak anak ditemukan sudah menikah saat usianya yang masih sangat muda, namun belum siap secara fisik maupun mental menjadi orang tua," ungkapnya.

Padahal, kata Ganjar, pernikahan harus direncanakan dan melalui lima transisi kehidupan yang sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi remaja.

Hal itu bertujuan supaya dapat menekan angka kematian pada ibu dan bayi yang saat ini masih sangat tinggi.

"Banyak orang tua yang menikahkan anak-anaknya, terutama anak perempuan yang ditakutkan akan menjadi perawan tua. Padahal, seharusnya pernikahan itu direncanakan," ucap Ganjar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak seluruh remaja di Indonesia untuk mencegah perkawinan dini sekaligus menjauhi seks bebas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close